Gaikindo: Varian Omicron Belum Berdampak Bagi Industri Otomotif Tanah Air

Selasa, 18 Januari 2022 | 08:10 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Gaikindo: Varian Omicron Belum Berdampak Bagi Industri Otomotif Tanah Air


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Desember 2021 hingga saat ini, kasus infeksi varian Omicron di Indonesia terus mencatatkan kenaikan. Namun, Ketua I GAIKINDO Jongkie Sugiarto mengatakan hingga saat ini varian Omicron belum memberikan dampak bagi industri otomotif. 

"Mengenai dampak varian Omicron terhadap industri otomotif, sejauh ini belum ada informasi yang signifikan dari para Agen Pemegang Merek (APM)," jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (17/1). 

Namun saat diminta penjelasan lebih lanjut mengenai dampak yang terjadi, Jongkie hanya mengatakan, selama Desember sampai pertengahan Januari 2022 tidak terjadi peningkatan penjualan. Untuk mengantisipasi risiko yang mungkin timbul ke depannya dari varian baru Omicron ini, pelaku usaha terus memperketat protokol kesehatan dan berencana melakukan vaksin ketiga (booster) secepatnya. 

Baca Juga: Penjualan Otomotif Diprediksi Berkilau di 2022, Ini Saham Rekomendasi Analis

Pada Desember 2021, penjualan ritel otomotif mengalami peningkatan. Melansir data Gaikindo, penjualan ritel nasional pada bulan Desember sebanyak 101.479 unit atau mencetak penjualan tertinggi di sepanjang 2021. 

Dari sisi manufaktur, Direktur Corporate Affairs Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN),  Bob Azam mengungkapkan saat ini belum ada dampak yang berarti dari varian Omicron ke aktivitas pabrik. "Tapi kita tetap harus waspada dengan aksi pencegahan, sistem monitoring dan mitigasi," jelasnya saat dihubungi terpisah. 

Adapun saat ini aktivitas pabrik TMMIN masih berjalan dengan normal karena belum ada pembatasan. Bob mengungkapkan saat ini level utilisasi pabrik masih stabil di atas 80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru