Fitch Ratings Proyeksi Inflasi Indonesia Capai 3,3% di Tahun 2022

Kamis, 30 Juni 2022 | 05:50 WIB   Reporter: Bidara Pink
Fitch Ratings Proyeksi Inflasi Indonesia Capai 3,3% di Tahun 2022


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch Ratings memproyeksi inflasi Indonesia berada di level 3,3% untuk tahun 2022. Proyeksi tersebut masih berada dalam target sasaran Bank Indonesia yang sebesar 2%-4% yoy.

“Kami memperkirakan rata-rata inflasi pada tahun ini berada di level 3,3% yoy, meski risiko lebih condong untuk meningkat,” tulis lembaga tersebut dalam laporannya, Selasa (28/6).

Namun, sejauh ini Fitch Ratings mengapresiasi langkah otoritas dalam menjaga tingkat inflasi. Menurutnya, kebijakan fiskal dari pemerintah selama ini menjadi instrumen utama yang menahan peningkatan harga.

Baca Juga: Fitch Ratings Prediksi BI Kerek Suku Bunga Acuan Sebesar 50 Bps pada 2022

Pemerintah sudah meningkatkan alokasi subsidi untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah peningkatan harga komoditas pangan dan energi. Langkah tersebut membuat harga-harga di dalam negeri tidak meningkat secara signifikan.

Dengan langkah tersebut, bahkan pemerintah sudah merogoh kocek hingga 2,4% dari produk domestik bruto (PDB) tahun ini, jauh lebih tinggi dibandingkan 1,1% PDB pada tahun lalu. Namun, ini juga diimbangi dengan peningkatan pendapatan akibat peningkatan harga komoditas.

Selain itu, dari sisi moneter, BI juga sudah mulai melakukan normalisasi kebijakan lewat peningkatan tarif giro wajib minimum (GWM). Bank sentral mengungkapkan, ini sebagai salah satu cara untuk menahan inflasi tak terbang tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru