kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erajaya Swasembada (ERAA) Lanjutkan Ekspansi, Sektor Ini yang Disasar


Sabtu, 13 Agustus 2022 / 06:30 WIB
Erajaya Swasembada (ERAA) Lanjutkan Ekspansi, Sektor Ini yang Disasar

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) melanjutkan ekspansinya masuk ke sektor ritel farmasi. ERAA melalui unit bisnis Erajaya Beauty and Wellness (EBW) telah membuka 4 gerai perdana Apotek Wellings dan terdapat perencanaan membuka 2 gerai lagi.

CEO Erajaya Group Budiarto Halim mengatakan, lewat ekspansi ini ERAA ingin berkontribusi bagi kesehatan masyarakat Indonesia dengan membangun brand terpercaya.

"Kami berjanji untuk revolusi. Komitmen kami relevan ke komunitas. Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah menjadikan hal ini nyata. Ini hanya sebagian kecil dari perjalanan panjang kami," ujar Budiarto dalam peresmian Apotek Wellings Indonesia di Jakarta, Jumat (12/8).

Baca Juga: Erajaya (ERAA) Ekspansi di Empat Lini Bisnis, Segmen Digital Masih Paling Agresif

Budiarto bilang, ERAA mulai melihat peluang untuk masuk sektor ritel farmasi karena adanya pandemi, sehingga ingin memanfaatkan portofolio sebagai pengelola ritel terdepan untuk bisa mendistribusikan produk kesehatan ke seluruh Indonesia.

Dimana pada November 2021, ERAA membentuk Joint Venture (JV) dengan perusahaan asal Malaysia yaitu Caring Pharmacy Retail Management Sdn Bhd (CPRM) sebagai pengelola apotek Wellings. Keandalan Caring Pharmacy dalam bidang kesehatan yang telah mengelola sekitar 210 gerai Apotek Wellings di Malaysia menjadi alasan kuat ERAA ingin membentuk kerja sama strategis.

Adapun 4 gerai Wellings yang dibuka ERAA berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Apotek Wellings Green Ville, Jakarta Barat , Apotek Wellings Citra Garden, Jakarta Barat, dan Apotek Wellings Teluk Gong, Jakarta Utara. Sementara 2 gerai lagi masih dalam tahap persiapan berlokasi di Jatiwaringin dan Greenlake. ERAA menargetkan dapat mengelola lebih dari 200 gerai Apotek Wellings, hingga tahun 2027.

Ekspansi pembukaan ritel farmasi ini merupakan bagian dari rencana penambahan 500 gerai Erajaya tahun ini. Hingga kuartal I-2022, ERAA telah memiliki sekitar 1,254 ritel outlet, 90 titik distribusi, dan sekitar 67 ribu reseller di wilayah Indonesia, Malaysia, Singapura.

 

Dengan hadirnya Apotek Wellings, maka semakin memperkuat ekosistem ritel yang dimiliki ERAA. Terutama dalam Erajaya Beauty & Wellness (EBW) yang sebelumnya telah ada The Face Shop yakni perusahaan kosmetik asal Korea Selatan yang telah berjumlah 33 toko di Indonesia, hingga Maret 2022. 

Kemudian, lewat unit bisnis Erajaya Active Lifestyle, ERAA telah mengelola brand kenamaan lainnya seperti JD Sports, Marshall, Garmin hingga Asics yakni brand sepatu asal Jepang yang baru tergabung dalam ekosistem ERAA sejak 31 Juli 2022.

ERAA pun juga masuk ke ritel Food & Beverages (F&B) melalui unit bisnis Erajaya Food & Nourishment yang mengelola jaringan Sushi Tei, Grand Lucky, Paris Baguette. Namun unit bisnis Erajaya Digital masih menjadi tumpuan utama bisnis ERAA yang memiliki jaringan ritel elektronik Erafone, iBox, Samsung, Mi Store, serta Erablu.

Dalam laporan keuangan ERAA per kuartal I-2022, Erajaya digital telah berkontribusi sebesar 93%, diikuti Erajaya Active Lifestyle 5,7%, Erajaya Food and Nourishment 1,0%, dan Erajaya Beauty and Wellness sebesar 0,4%.

Baca Juga: Kinerja Membaik, Ini Sentimen yang Dukung Erajaya Swasembada (ERAA)

Sampai akhir Maret 2022, ERAA telah sukses membuka 32 gerai baru. Di sepanjang tahun lalu, realisasi pembukaan gerai PT Erajaya Swasembada Tbk sejumlah 289 gerai baru.

Berdasarkan catatan Kontan, di periode kuartal I-2022, ERAA membukukan penjualan neto senilai Rp 11,47 triliun atau naik 5,81% dari posisi Rp 10,84 triliun pada Q1-2021. Seiring dengan pertumbuhan penjualan, bottom line ERAA juga meningkat.

Pada tiga bulan pertama 2022, ERAA membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 295,09 miliar atau naik 6,07% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×