Emiten Ramai-Ramai Masuk Bisnis Data Center

Kamis, 14 April 2022 | 07:15 WIB   Reporter: Akmalal Hamdhi
Emiten Ramai-Ramai Masuk Bisnis Data Center


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era transformasi digital membuat penyediaan Data Center sangat dibutuhkan. Melihat peluang tersebut, banyak perusahaan-perusahaan mulai menjajaki bisnis data center ini.

Sebagai informasi, data center atau pusat data merupakan fasilitas berupa jaringan komputer dan ruang penyimpanan data yang dipakai untuk melakukan pengaturan, pemrosesan, penyimpanan, serta penyebarluasan data dalam skala besar.

Kini, data center tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menyimpan rekap data, namun start-up, e-commerce bahkan penyedia layanan game juga membutuhkan pusat data yang terjamin keamanannya.

Baca Juga: Dapat Restu Pemegang Saham, DCI Indonesia (DCII) akan Bangun Jaringan Fiber Optic

Di Indonesia, terdapat dua pemain besar pada bisnis data center yakni PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) dan PT DCI Indonesia Tbk (DCII). TLKM melalui anak usahanya yakni Telkomsigma memiliki total 27 data center yang saling terhubung baik di dalam maupun luar negeri. Sedangkan, DCI Indonesia menjadi penyedia data center Tier IV pertama di Asia tenggara.

Untuk diketahui, salah satu emiten Group Astra di sektor bisnis printing dan digital services, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) turut mencermati pengembangan data center. Lewat anak usahanya, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), ASGR  telah memiliki data center yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Direktur PT Astra Graphia  Information Technology Widi Triwibowo mengatakan, perusahaan senantiasa mengikuti trend teknologi data center. “Data center milik ASGR diposisikan untuk melengkapi bisnis yang kami miliki di area cloud services. Data center menyediakan cloud services cukup luas,” ujarnya saat Public Expose ASGR, Rabu (13/4).

Editor: Handoyo .

Terbaru