Elon Musk jadi host SNL, penipu berhasil sedot kripto hampir US$ 100.000

Selasa, 11 Mei 2021 | 01:20 WIB Sumber: CoinDesk
Elon Musk jadi host SNL, penipu berhasil sedot kripto hampir US$ 100.000

KONTAN.CO.ID - Aktor jahat menggunakan hype di sekitar penampilan Elon Musk, CEO Tesla, di Saturday Night Live (SNL) untuk mempromosikan giveaway palsu di Twitter menipu hampir US$ 100.000 dalam bentuk Bitcoin, Ethereum, dan Dogecoin.

CoinDesk mengutip Malware Hunter melaporkan, para scammer berhasil mengakses lebih dari 20 akun Twitter yang tidak terpakai tetapi terverifikasi, mengubah profil agar menyerupai akun SNL dan mempromosikan pemberian kripto palsu oleh Elon Musk. 

Para korban kena tipu untuk mengirimkan sejumlah kecil kripto guna memverifikasi alamat mereka. Dan, di bawah janji palsu, mereka akan menerima 10 kali lipat jumlah yang dikirim sebagai imbalannya.

Baca Juga: Efek Elon Musk memudar, harga Dogecoin makin menukik tajam pasca ukir rekor tertinggi

Penipuan tersebut berhasil menyedot total Bitcoin US$ 40.840, Ethereum US$ 13.758, dan Dogecoin US$ 42.457, Bleeping Computer menyebutkan, seperti dilansir CoinDesk.

Pembajakan massal ini mengingatkan pada peretasan Twitter pada Juli 2020 yang membuat akun-akun terkemuka, termasuk Joe Biden dan Elon Musk, diambil alih untuk mempromosikan penipuan serupa.

Twitter mengatakan, segera melakukan langkah-langkah keamanan ekstra untuk membantu mencegah kejadian seperti itu terjadi lagi.

Selanjutnya: Jelang Elon Musk tampil di SNL, harga Dogecoin cetak rekor tertinggi baru

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru