Ekonomi

Ekonomi diyakini pulih, pasar motor sport diramal bakal menderu

Jumat, 22 Januari 2021 | 09:50 WIB   Reporter: Arfyana Citra Rahayu
Ekonomi diyakini pulih, pasar motor sport diramal bakal menderu

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar sepeda motor dalam negeri khususnya motor sport diharapkan kembali melaju kencang di 2021. Sejumlah katalis positifnya adalah pemulihan ekonomi yang secara langsung bisa berdampak pada penjualan motor sport nasional. 

General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin menjelaskan AHM melihat pasar motor di tahun ini cukup menantang karena belum usainya pandemi. Namun AHM optimistis tahun ini akan lebih baik dibandingkan 2020 karena adaptasi sudah terjadi dan vaksinasi akan segera dimulai. 

"Kami harapkan dengan pulihnya ekonomi diikuti dengan meningkatnya daya beli termasuk permintaan terhadap motor sport karena kami melihat ada permintaan di segmen ini," jelasnya kepada Kontan.co.id, Kamis (21/1). 

Baca Juga: Bengkel resmi Daihatsu di DKI Jakarta siap layani uji emisi gas buang

Muhib menilai motor sport kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga ada peluang tumbuh di tahun ini. 

Sebagai informasi, Honda memiliki beberapa model motor sport yakni Cbr150R yang diklaim disukai pecinta motor sport full fairing selain CBR250RR. Muhib mengatakan, CBR150r yang dirilis AHM di awal tahun ini merupakan salah satu bentuk upaya memenuhi ekspektasi konsumen.  

Selain itu AHM juga punya naked bike Honda CB150R StreetFire dan Honda Verza yg jg diterima dengan baik oleh penggemar motor sport di tahun lalu. "Hampir semua model tersebut menjadi market leader di segmennya masing-masing," ungkapnya. 

Prospek bisnis di 2021 juga dilihat oleh Yamaha. Hal ini dibuktikan dengan aksi  Yamaha melakukan penyegaran pada motor sport fairing R15 yang merilis pembaruan warna bodi yaitu Metallic Blue, Matte Silver, Matte Black.

Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Anton Widiantoro mengatakan pasar motor sport di Indonesia tetap ada peminatnya meski di tengah pandemi sekalipun. Hadirnya produk-produk baru di kategori sport membuktikan kalo demand-nya masih cukup potensial. 

Baca Juga: Pendapatan Garuda Metalindo (BOLT) ditargetkan naik dua digit di tahun ini

"Kebutuhan konsumen di kategori sport,  tidak hanya sebagai alat transportasi harian, tapi juga untuk menunjang gaya hidup pengendara yang ingin tampil sporty dan gagah serta mendukung hobi yang dapat disalurkan dengan menggunakan motor sport," jelasnya kepada Kontan.co.id dihubungi terpisah. 

Maka dari itu, Anton mengatakan YIMM berusaha menjawab kebutuhan konsumen tersebut dengan menyediakan motor sport dengan berbagai pilihan, sesuai selera konsumen, baik untuk lifestyle, racing, maupun off road. Anton mencontohkan seperti R-Series, MT-Series, XSR155, WR155, dan V-Ixion. 

Menurut Anton, di sepanjang 2020 motor sport yang paling diminati tergantung pada tipe motor sport Yamaha karena punya penggemarnya masing-masing baik di segmen naked bike, sport fairing maupun off road

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru