kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukungan China ke Rusia Jika Serang Ukraina hanya Sebatas Diplomasi


Senin, 21 Februari 2022 / 05:30 WIB
Dukungan China ke Rusia Jika Serang Ukraina hanya Sebatas Diplomasi

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. China akan mendukung Rusia secara diplomatis dan mungkin secara ekonomi jika menyerang Ukraina. Keputusan ini tentu saja akan memperburuk hubungan Beijing yang sudah tegang dengan Barat. Tetapi, Beijing dinilai akan berhenti memberikan dukungan militer kepada Rusia.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk menyerang Ukraina dalam beberapa hari, klaim yang dibantah Rusia. 

Melansir Reuters, Minggu (20/2), Kementerian luar negeri China telah berulang kali menyalahkan Amerika Serikat karena menyebarkan informasi palsu dan menciptakan ketegangan, mendesaknya untuk menghormati dan memenuhi tuntutan Rusia untuk jaminan keamanan.

Baca Juga: Militer China Arahkan Laser ke Pesawat Australia, PM Morrison: Tindakan Intimidasi

Untuk menunjukkan solidaritas, Putin mengunjungi Beijing untuk upacara pembukaan Olimpiade pada 4 Februari, menyatakan dengan mitranya dari China Xi Jinping kemitraan strategis tanpa batas yang mendalam. 

Media pemerintah China mengatakan kedua negara berdiri bahu bahu membahu dalam menegakkan keadilan di dunia.

Invasi Rusia ke Ukraina akan menguji tekad China untuk menerapkan kata-kata yang mendukung itu ke dalam tindakan, terutama mengingat prinsip non-intervensi kebijakan luar negeri China yang sering dinyatakan.

China hampir pasti tidak ingin terlibat secara militer, kata para ahli yang akrab dengan pemikiran Beijing.

Baca Juga: Rusia dan China Memperlunak Redaksional Draft Komunike G20 Terkait Konflik Geopolitik

Meskipun China dan Rusia telah bergerak melampaui "perkawinan kenyamanan" menjadi aliansi semu, hubungan antara tetangga raksasa jauh dari aliansi formal yang mengharuskan satu untuk mengirim pasukan jika yang lain menghadapi ancaman, kata Shi Yinhong, seorang profesor hubungan internasional di Renmin Universitas.

China secara konsisten menyerukan agar krisis Ukraina diselesaikan secara damai melalui dialog.

“Sama seperti China yang tidak mengharapkan Rusia untuk membantunya secara militer dalam kasus perang atas Taiwan, Rusia tidak mengharapkan China untuk membantu secara militer atas Ukraina, juga tidak membutuhkan bantuan seperti itu,” kata Li Mingjiang, profesor di S. Rajaratnam. Sekolah Studi Internasional di Singapura.



TERBARU

×