kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong penjualan UMKM, KemenkopUKM gandeng Shopee


Senin, 09 November 2020 / 18:00 WIB
Dorong penjualan UMKM, KemenkopUKM gandeng Shopee

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) bersama salah satu marketplace Shopee berhasil menciptakan nilai penjualan UMKM sebanyak ratusan juta rupiah.

Terhitung total ada 351 UMKM dari subsektor fesyen, makanan minuman kemasan, dan kesehatan kecantikan berhasil lolos kurasi dan seleksi, berhasil hadir pada halaman khusus Festival Belanja Online yang terdapat di Shopee. Program Festival Belanja Online sudah berhasil menciptakan 4.708 total transaksi dalam kurun waktu satu minggu setelah program berjalan dari tanggal 19 Oktober lalu.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit, menuturkan sejauh ini, program Festival Belanja Online yang akan berjalan sampai tanggal 9 November nanti, sudah selaras dengan upaya Kementerian Koperasi & UMKM mengatasi dampak perekonomian UMKM di tengah pandemi. "Antara lain sudah mencakupi tahapan Mitigasi & Survive serta Reactive yang tidak hanya melakukan pendampingan, melainkan juga sebagai upaya program pemulihan ekonomi nasional," kata Victoria dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id pada Senin (9/11).

Baca Juga: Jumlah penumpang naik, GIAA mulai pede bisa pulihkan kinerja

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia mengatakan kerjasama tersebut merupakan langkah lanjutan pihaknya dalam dukungan terhadap keberlangsungan bisnis pelaku UMKM.

"Kami senang sekali dapat terlibat untuk memfasilitasi Festival Belanja Online sebagai bentuk peluang dan solusi positif untuk para pelaku UMKM binaan yang telah hadir di platform kami. Kami harap komitmen ini dapat membantu lebih banyak lagi pelaku UMKM agar dapat berkontribusi dalam menyikapi perubahan yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia di tengah masa yang sulit ini," tutur Radityo

Festival Belanja Online tidak hanya hadir dalam halaman khusus di Shopee saja, namun dalam pelaksanaannya setiap hari Kamis sampai Minggu setiap minggunya, terdapat live streaming dengan nama Ngobrol dan Ngobral.

Sesi Ngobrol memberikan wadah informasi dan ilmu seputar digitalisasi UMKM, sedangkan pada sesi Ngobral sebagai wadah para UKM untuk melakukan penjualan secara langsung produk atau promosi mereka yang dapat dibeli langsung pada saat live streaming berjalan.

Baca Juga: Kolaborasi OVO, Grab, dan Tokopedia Hadirkan Gelaran Promo 11.11 bagi pelanggan

Live streaming yang berjalan pada akun Shopee festivalbelanjaonline_kemenkop sudah berjalan 8 kali, dengan rata-rata penontonnya sebanyak 200-300 viewers per sesinya. Tidak hanya melibatkan narasumber dari Kementerian Koperasi, Influencer, Digital Marketing Spesialis, dan Content Creator tetapi sobat UKM juga ada yang terpilih untuk hadir pada live streaming.

Selanjutnya: Tokopedia dan Bukalapak Dapat Suntikan Dana Segar dari Investor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×