kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong bisnis KPR, CIMB Niaga kembangkan aplikasi digital


Selasa, 14 September 2021 / 04:15 WIB
Dorong bisnis KPR, CIMB Niaga kembangkan aplikasi digital

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan terus melakukan inovasi digital dalam pengembangan bisnis Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).  Digitalisasi tidak hanya dilakukan untuk mempermudah proses pengajuan KPR saja tetapi juga untuk memacu penjualan rumah. 

Untuk itu, sejumlah bank akan masuk ke bisnis platform digital properti yang menyediakan listing-listing properti dari pengembang sekaligus dengan proses pengajuan KPR. 

PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya sedang mempersiapkan pengembangan aplikasi digital serupa yang akan dinamai KPR CIMB Niaga 4.0.  Perseroan nantinya akan bekerjasama dengan developer untuk menyediakan listing properti pada aplikasi tersebut. 

Mortgage and Secured Loan Business Head CIMB Niaga Heintje Mogi mengatakan, aplikasi itu akan memudahkan orang untuk mencari rumah, melakukan simulasi budget dan kredit,  serta mengajukan KPR secara langsung lewat satu aplikasi. 

Baca Juga: OCBC NISP catatkan kredit UMKM capai Rp 18,9 triliun hingga Juni 2021

"Namun, saat ini kita baru persiapan pengembangan sistem dulu. Kemungkinan ini baru bisa diluncurkan tahun depan," kata Heinje pada KONTAN, Jumat (10/9).

Sedangkan inovasi yang sudah dilakukan adalah dengan meluncurkan aplikasi Octofriends. Ini merupakan aplikasi yang memungkinkan semua orang bisa mereferallkan orang lain untuk mengajukan KPR ke CIMB Niaga. Anggota yang sudah terdaftar pada aplikasi ini akan mendapatkan komisi ketika berhasil mereferalkan kenalannya untuk dapat kredit. 

Heintje bilang, aplikasi ini sudah mulai diujicoba sejak setengah tahun lalu tetapi baru resmi diluncurkan di bulan Juli 2021. Dia mengaku total anggota Octofriends saat ini sudah mencapai 1.000 orang dan telah menyumbang pengajuan aplikasi KPR cukup besar ke CIMB Niaga.

"Hingga saat ini booking yang datang dari aplikasi ini telah mencapai Rp 100 miliar per bulan," ungkapnya. 

Selanjutnya: Holding ultra mikro terbentuk, pemerintah alihkan saham Pegadaian dan PNM ke BRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×