kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diversifikasi Bisnis, Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) Merambah Bisnis Batubara Metalurgi


Minggu, 17 September 2023 / 07:15 WIB
Diversifikasi Bisnis, Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) Merambah Bisnis Batubara Metalurgi

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) melakukan diversifikasi usaha dengan merambahkan bisnisnya ke sektor penambangan batubara metalurgi. Diversifikasi ini dilakukan melalui anak usahanya, yaitu PT Daya Bumindo Karunia (DBK).

Diversifikasi dilakukan dengan menimbang prospek Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki potensi sumber daya batubara metalurgi yang melimpah.

Penambangan batubara metalurgi oleh Daya Bumindo Karunia berlokasi di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah. Lokasi wilayah pertambangan milik DBK seluas 14.800 hektar ini bersebelahan langsung dengan konsesi batubara milik anak usaha CUAN lainnya, yaitu PT Bara International (BI)

Baca Juga: Petrindo Jaya Kreasi (CUAN) Cetak Kinerja Moncer di Semester I-2023

Sehingga, kedua anak usaha tersebut dapat memanfaatkan infrastruktur dan akses jalan yang sama untuk mengoptimalkan efisiensi operasional.

Berdasarkan informasi yang dikompilasi oleh pihak ketiga independen tahun 2011 dengan menggunakan kaidah-kaidah JORC 2004, Daya Bumindo Karunia mencatatkan sumber daya batu bara (tereka, tertunjuk, terukur) sebesar 226,1 juta ton, dengan cadangan (terkira & terbukti) batu bara sebesar 99,5 juta ton.

Michael, Direktur Utama PT Petrindo Jaya Kreasi berharap, diversifikasi ini mampu memberikan nilai tambah tersendiri di sektor pertambangan dengan berperan menekan angka impor dan memperkuat kemandirian industri nasional.  

Dia optimistis perluasan cakupan usaha ini akan mendorong pertumbuhan bisnis yang positif bagi CUAN. Hal ini juga sejalan dengan strategi bisnis CUAN yang berfokus memperkuat posisi daya saing, tidak hanya di sektor energi, tetapi juga di sektor industri, yaitu melalui penambangan batubara metalurgi. Untuk diketahui, batubara metalurgi ini mampu menghasilkan kokas sebagai bahan baku utama dalam industri baja.

 

“Selain itu, lini bisnis baru ini juga akan berkontribusi memenuhi kebutuhan dalam negeri atas batu bara metalurgi serta mendukung subtitusi impor,” kata Michael dalam siaran pers,  Senin (4/9).

Michael melanjutkan, CUAN akan melakukan pembaharuan cadangan dan sumber daya milik DBK, melaksanakan kegiatan eksplorasi lanjutan, serta penambangan batubara sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) yang disetujui oleh Pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

×