kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diplomat senior China menyerukan pengaturan ulang hubungan dengan AS


Senin, 22 Februari 2021 / 16:30 WIB
Diplomat senior China menyerukan pengaturan ulang hubungan dengan AS

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Diplomat senior China Wang Yi meminta pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk bekerja sama dengan Beijing guna membuka kembali dialog antara kedua negara guna memulihkan hubungan bilateral yang rusak di bawah kepresidenan Donald Trump.

Wang, seorang anggota dewan negara dan menteri luar negeri China, mengatakan tindakan pemerintahan Trump untuk menekan dan menahan China menimbulkan kerugian yang tak terukur, dan meminta Washington untuk menghapus tarif atas barang-barang China dan meninggalkan apa yang dia katakan sebagai penindasan yang tidak rasional terhadap sektor teknologi China.

Wang juga mendesak Washington untuk menghormati kepentingan inti China, berhenti mencampuri urusan dalam negeri Beijing, dan berhenti "berkomplot" dengan pasukan separatis untuk kemerdekaan Taiwan.

Baca Juga: Ini pesan keras Amerika atas undang-undang penembakan Beijing

"Selama beberapa tahun terakhir, Amerika Serikat pada dasarnya memutuskan dialog bilateral di semua tingkatan," kata Wang dalam sambutan yang telah disiapkan yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

"Kami siap untuk melakukan komunikasi yang jujur ​​dengan pihak AS, dan terlibat dalam dialog yang bertujuan untuk memecahkan masalah," tambahnya.

Washington dan Beijing telah bentrok di berbagai bidang termasuk perdagangan, tuduhan kejahatan hak asasi manusia terhadap minoritas Muslim Uighur di wilayah Xinjiang dan klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan yang kaya sumber daya.

Namun, pemerintahan Biden mengisyaratkan akan mempertahankan tekanan pada Beijing. Biden telah menyuarakan keprihatinan tentang praktik perdagangan "koersif dan tidak adil" Beijing dan mendukung tekad administrasi Trump bahwa China telah melakukan genosida terhadap minoritas Muslim di wilayah paling barat Xinjiang.

Selanjutnya: Ketegangan regional mendidih, Beijing dirikan pangkalan militer besar-besaran!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

×