Nasional

Dibuka April, calon ASN 2021 diharap segera siapkan dokumen ini

Selasa, 23 Maret 2021 | 10:42 WIB Sumber: Kompas.com
Dibuka April, calon ASN 2021 diharap segera siapkan dokumen ini

ILUSTRASI. Dalam waktu dekat, seleksi penerimaan CASN, yakni CPNS dan PPPK, akan segera dibuka. Surya/Ahmad Zaimul Haq

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam waktu dekat, seleksi penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN), yakni calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), akan segera dibuka. 

Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko mengatakan, pembukaan pendaftaran CASN akan dimulai terlebih dahulu untuk sekolah kedinasan, yang dijadwalkan pada April mendatang. 

“Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (22/3/2021). 

Setelah itu, Teguh menambahkan, rekrutmen akan dilanjutkan dengan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK non-guru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni. 

Baca Juga: 5 Alasan PNS boleh bercerai, simak di sini informasinya

“Jika ada informasi terbaru terkait jadwal ataupun proses seleksi CASN, akan kami sampaikan melalui website resmi Kementerian PANRB,” kata dia. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, pada tahun ini pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk PNS dan PPPK. 

Dari 1,3 juta formasi tersebut, jumlah kebutuhan untuk guru PPPK sebanyak satu juta formasi, pemerintah pusat sebesar 83.000 formasi, dan pemerintah daerah sebesar 189.000 formasi. 

Baca Juga: Bersiap, pemerintah akan buka pendaftaran calon ASN 2021 mulai April

“Jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya,” ucah Tjahjo. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru