Global

Di Laut Kuning, kelompok kapal penyapu ranjau China gelar latihan khusus

Rabu, 07 April 2021 | 18:40 WIB Sumber: Global Times
Di Laut Kuning, kelompok kapal penyapu ranjau China gelar latihan khusus

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) masih belum berhenti berlatih di sekitar wilayahnya. Kali ini, empat kapal penyapu ranjau sedang menggelar latihan khusus di Laut Kuning.

Melansir Global Times, kapal penyapu ranjau yang bertugas di Angkatan Laut Komando Teater Utara PLA, yakni Rongcheng, Yucheng, Huimin dan Zhijiang, melakukan latihan maritim di daerah yang dirahasiakan di Laut Kuning selama empat hari empat malam. 

Pada Sabtu (3/4), CCTV mengabarkan, latihan tersbut menampilkan banyak modul dan semua faktor pertempuran. Keempat kapal penyapu ranjau menggabungkan teknik menemukan, membongkar, dan menyelidiki bersama.

Baca Juga: Beijing kirim 8 jet tempur ke zona pertahanan Taipei

Dalam latihan akhir pekan lalu, semua kapal memanfaatkan perangkat sonar untuk mendeteksi ranjau laut di malam hari dan membersihkannya dengan berbagai peralatan di siang hari.

CCTV menyebutkan, itu adalah pertama kalinya kapal Huimin dan Zhijiang mengikuti latihan jenis ini sejak bergabung dengan Angkatan Laut Komando Teater Utara PLA.

Persiapan perang melawan Taiwan

Latihan penyapuan ranjau ini diduga terkait dengan rumor yang berkembang tahun lalu mengenai penjualan senjata AS ke Taiwan, yang di dalamnya termasuk ranjau laut yang canggih. Belakangan juga diketahui, Taiwan telah membangun kapal pemasang ranjau.

Taiwan diprediksi akan meletakkan ranjau laut di Selat Taiwan untuk menghambat mobilitas kapal amfibi China jika di masa depan perang benar-benar terjadi.

Baca Juga: Tegang! Liaoning pimpin latihan rutin kapal induk China di perairan dekat Taiwan

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo
Terbaru