Demi perkuat aliansi, Jepang terus sokong biaya pemeliharaan pangkalan militer AS

Rabu, 24 Februari 2021 | 19:41 WIB Sumber: TASS
Demi perkuat aliansi, Jepang terus sokong biaya pemeliharaan pangkalan militer AS

ILUSTRASI. Sebuah pembom B-52H Stratofortress dan enam jet tempur F-16 Amerika Serikat dari Misawa Air Base, Jepang, melakukan pelatihan bersama dengan empat F-2 Angkatan Udara Bela Diri Jepang di lepas pantai Utara Jepang, 4 Februari 2020.


KONTAN.CO.ID - TOKYO. Jepang dan Amerika Serikat (AS) menandatangani kesepakatan tentang perpanjangan biaya pemeliharaan pangkalan militer AS selama satu tahun, Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi mengatakan.

"Saya telah menandatangani kesepakatan dengan US Charges d'Affaires ad interim Joseph Young, berdasarkan kesepakatan yang dicapai sebelumnya," kata Motegi kepada wartawan, Rabu (24/2), seperti dikutip TASS.

Dia menggarisbawahi, kedua negara akan melanjutkan kerjasama yang erat, yang bertujuan untuk memperkuat aliansi Amerika Serikat-Jepang.

Pekan lalu, Jepang dan AS sepakat untuk memperpanjang jangka waktu anggaran hingga 31 Maret 2022. Menurut Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi, pengeluaran Jepang pada tahun fiskal 2021 akan menjadi US$ 1,9 miliar.

Anggaran Jepang untuk pemeliharaan pangkalan militer AS pada tahun fiskal 2020 yang berakhir 31 Maret 2021 lebih dari US$ 1,8 miliar. Jepang mendanai pemeliharan pangkalan dan gaji personel lokal yang bekerja di fasiltas itu.

Selanjutnya: Ancaman China meningkat, AS-Jepang melakukan latihan militer berteknologi tinggi

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru