kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Debat Cawapres Perdana Digelar di JCC dengan 6 Segmen


Selasa, 19 Desember 2023 / 07:15 WIB
Debat Cawapres Perdana Digelar di JCC dengan 6 Segmen
ILUSTRASI. Ketua Komisioner KPU Hasyim Asy'ari bersiap menyampaikan keterangan pers jelang Pengundian Nomor Urut Capres-Cawapres Pilpres 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023). Pengundian nomor urut Capres-Cawapres Pilpres 2024 akan digelar di KPU pada hari Selasa (14/11/2023) pukul 18.30 WIB. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya memastikan pelaksanaan debat calon wakil presiden (cawapres) perdana akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Debat perdana cawapres ini merupakan debat kedua dalam keseluruhan rangkaian debat capres-cawapres Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Debat akan diikuti oleh tiga orang cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Baca Juga: Muhaimin Iskandar Mengkritik Pembangunan Jalan Tol, Enak Bagi yang Punya Mobil

"Jadi pada debat yang kedua nanti, itu akan dilaksanakan kampanye debat cawapres ya. Diselenggarakan pada 22 Desember 2023. Dan debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

"Tempat penyelenggaraan direncanakan di JCC, di Jakarta," ungkapnya.

Hasyim melanjutkan, debat cawapres mendatang akan dilakukan dengan format yang sama dengan debat capres pada 12 Desember 2023. Yakni terdiri dari enam segmen.

Pada segmen pertama, yakni berisi penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing cawapres.

Kemudian untuk segmen kedua dan ketiga, akan diajukan sejumlah pertanyaan yang disusun oleh tim panelis.

"Dan yang akan menyampaikan, atau mengajukan pertanyaan adalah moderator," tutur Hasyim.

Baca Juga: Anies Sebut Perjalanan Karier Jadi Bekal Cak Imin Saat Debat Cawapres

"Kemudian untuk segmen empat dan lima itu nanti masing-masing cawapres diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada masing-masing cawapres yang lain," katanya.

Pada segmen empat dan lima ini, para cawapres juga diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masing-masing cawapres.

Hal tersebut, menurut Hasyim sama persis dengan format pada debat capres yang pertama.

Lalu untuk segmen terakhir atau segmen keenam akan ada closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan dari masing-masing cawapres rentang topik yang dijadikan bahan untuk debat cawapres.

Hasyim menjelaskan, pada debat cawapres perdana kali ini, ada enam tema yang akan dibahas.

Keenamnya yakni ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, kemudian keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, lalu soal investasi, perdagangan, infrastruktur dan perkotaan.

Baca Juga: Cara Daftar Jadi Petugas KPPS Pemilu 2024 via Online & Offline, Gaji Naik 100% Lebih

Hasyim menambahkan, debat cawapres mendatang akan dipandu oleh dua orang narasumber.

Keduanya yakni Alfito Deannova yang merupakan jurnalis dari Transcorp dan Liviana Cherlisa yang merupakan news anchor Kompas TV.

Debat juga akan melibatkan 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk para cawapres.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Debat Cawapres Perdana Digelar di JCC Senayan, Terbagi Jadi 6 Segmen "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×