kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dari kapal selam bertenaga nuklir, Rusia sukses luncurkan rudal hipersonik Tsirkon


Senin, 04 Oktober 2021 / 23:20 WIB
Dari kapal selam bertenaga nuklir, Rusia sukses luncurkan rudal hipersonik Tsirkon

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Severodvinsk, kapal selam bertenaga nuklir Armada Utara Rusia berhasil melakukan uji peluncuran perdana rudal hipersonik Tsirkon di Laut Barents, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Senin (4/10).

“Untuk pertama kalinya, Angkatan Laut Rusia melakukan uji coba rudal hipersonik Tsirkon dari kapal selam bertenaga nuklir Severodvinsk. Peluncuran itu dilakukan pada target laut hipotetis di wilayah perairan Laut Barents," kata Kementerian Pertahanan Rusia.

"Menurut data kontrol objektif, lintasan rudal tersebut memenuhi syarat dengan parameter yang diberikan, itu mencapai target hipotetis," sebut Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip TASS.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, "peluncuran uji coba rudal Tsirkon dari kapal selam bertenaga nuklir berhasil".

Baca Juga: Uji coba rudal hipersonik Tsirkon Rusia rampung, begini kemampuannya

Sebelumnya, Rusia merampungkan uji peluncuran rudal jelajah hipersonik Tsirkon dari kapal perang, sumber yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kepada TASS pada Rabu (29/9) pekan lalu. 

“Uji terbang Tsirkon, dengan peluncuran dari fregat Admiral Gorshkov telah berhasil diselesaikan. Lebih dari 10 peluncuran dilakukan, yang terbaru pada Juli lalu,” kata sumber TASS. 

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan, rudal hipersonik Tsirkon, yang mampu terbang dengan kecepatan Mach 9 atau sembilan kali kecepatan suara dan menyerang target pada jarak lebih dari 1.000 km, akan segera siaga tempur. 

Menurut Putin, Tsirkon bisa menyerang target laut dan darat. Ia bilang, ada rencana untuk menempatkan Tsirkon pada kapal perang dan kapal selam yang saat ini dalam tahap pembangunan, termasuk kapal perang yang dipersenjatai rudal jelajah Kalibr.

Selanjutnya: Siap saingi rudal Tsirkon Rusia, AS sukses luncurkan rudal hispersonik HAWC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×