Dari Biden hingga Erdogan, Ini Pemimpin yang Akan Hadiri KTT G20 di Bali

Jumat, 11 November 2022 | 10:40 WIB Sumber: Kompas.com
Dari Biden hingga Erdogan, Ini Pemimpin yang Akan Hadiri KTT G20 di Bali

ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden dipastikan akan menghadiri KTT G20 di Bali. REUTERS/Evelyn Hockstein


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam hitungan hari, Indonesia akan menghelat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. 

Pertemuan tingkat tinggi antara 19 negara plus satu lembaga dengan perekonomian terbesar di dunia bakal dihelat pada 15-16 November di Bali. 

Daftar negara dan lembaga anggota G20 adalah Amerika Serikat (AS), Australia, Argentina, Brasil, China, Kanada, Uni Eropa, Jerman, Perancis, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turkiye, dan Inggris. 

Sejumlah pemimpin negara anggota G20 telah mengonfirmasi kehadirannya untuk menghadiri KTT di Bali. 

Dilansir berbagai sumber, berikut daftar pemimpin anggota G20 yang akan menghadiri KTT G20 di Bali sejauh pengamatan Kompas.com hingga Kamis (10/11/2022). 

1. AS 

Presiden AS Joe Biden dipastikan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November. Konfirmasi tersebut disampaikan Gedung Putih pada 28 Oktober, sebagaimana dilansir Reuters. Gedung Putih menyampaikan, Biden kemungkinan akan tiba di Indonesia pada 13 November setelah sebelumnya mengunjungi Kamboja terlebih dahulu. 

Baca Juga: Dukung KTT G20, LinkAja Kembangkan Sinergi Strategis Bersama BRI dan Pegadaian

2. China 

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Presiden China Xi Jinping menjadi salah satu pemimpin yang akan hadir dalam KTT G20. Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat ditanya apakah Joe Biden dan Xi Jinping akan menghadiri KTT G20. 

“Sudah, sudah, yang sudah pasti 17,” kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/11/2022). 

3. Inggris 

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dipastikan akan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November. Hal tersebut diinformasikan oleh seorang juru bicara Kantor Perdana Menteri Inggris, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (26/10/2022). 

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara tersebut menuturkan bahwa Sunak akan bertemu Biden di sela KTT G20. 

4. Kanada 

Situs web Pemerintah Kanada menyampaikan bahwa Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan menghadiri KTT G20. 

“Dalam KTT G20, dari 15 hingga 16 November 2022, Perdana Menteri akan bekerja dengan mitra-mintranya untuk memajukan prioritas bersama di bawah tema tahun ini,” tulis pernyataan di situs web Pemerintah Kanada. 

5. Korea Selatan 

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dikatakan akan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November. Hal itu diungkap oleh Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan Kim Sung-han pada Rabu (9/11/2022). 

Kantor berita Korea Selatan Yonhap memberitakan, Korea Selatan sedang mengatur kemungkinan pertemuan puncak bilateral antara Yoon dan Biden. 

6. Australia 

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dikonfirmasi akan menghadiri KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang. Dia juga akan menghadiri dua pertemuan tingkat tinggi lain di kawasan Asia Tenggara, yakni KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik di Thailand dan KTT Asia Timur di Kamboja. 

Albanese berharap dapat bertemu dan berbicara dengan Xi secara langsung, sebagaimana dilansir ABC. 

Baca Juga: Gesits Operasikan 160 Motor Listrik untuk Mendukung KTT G20

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru