kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dana Bangun Sirkuit Mandalika Rp 2 Triliun, Kapan Bisa Balik Modal?


Rabu, 23 Maret 2022 / 10:20 WIB
Dana Bangun Sirkuit Mandalika Rp 2 Triliun, Kapan Bisa Balik Modal?

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk membangun sirkuit Mandalika, pemerintah menghabiskan dana lebih dari Rp 2 triliun. Ajang internasional Pertamina Grand Prix Indonesia (MotoGP Mandalika 2022) juga dinilai sukses di sirkuit ini.

Lalu kapan dan bagaimana bisa sirkuit Mandalika break event point (BEP) atau balik modal?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno angkat bicara terkait hal tersebut.

“BEP itu, tahun berapa investasi kita bisa kembali, kita kan pemerintah, uang rakyat dikelola pemerintah, yang bisa kita lakukan adalah tidak menghitung BEP seperti itu, dan kita berharap ITDC menghitung dan mengajukan sendiri. ITDC juga mengelola KEK yang akan meningkatkan harga tanahnya," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (21/3/2022). 

Namun, di sisi lain, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menghitung dampak ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. 

Baca Juga: Ajang MotoGP Mandalika Sukses dan Banjir Pujian, Aksi Pawang Hujan jadi Sorotan

Sandiaga menuturkan, dari pembangunan Sirkuit Mandalika, lapangan pekerjaan yang tercipta cukup banyak, bahkan pihaknya menargetkan dampak ekonomi dari event yang digelar mencapai Rp 500 miliar. 

"Kalau kami menghitung dari dampak ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Dampak ekonomi kita targetkan adalah Rp 500 miliar, dengan penciptaan 35.000 hingga 40.000 lapangan kerja ,” kata Sandiaga. 

Sandiaga mengatakan, ke depan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menghitung studi dampak ekonomi MotoGP. Namun data yang dapat disampaikan saat ini adalah kebangkitan ekonomi Mandalika yang tercermin dari hotel, penginapan, mobil dan produk UMKM yang diminati wisatawan. 

Baca Juga: Setelah MotoGP Mandalika, Siap-Siap Kebut Cuan Wisata Olahraga dari Sirkuit Balapan

“Ke depan, dampak MotoGP akan diperhitungkan. Kami melihat apa yang sangat menyentuh hati saya, seperti pengelola penginapan Haji Salmiah, yang sejak dibukanya Mandalika, setelah lebih dari 40 tahun tidak pernah melihat betapa antusiasnya masyarakat sehingga membuat persediaan kamar hotel ludes,” kata Sandiaga. 

Sementara itu, saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan melakukan evaluasi sebagai persiapan untuk memulai event lainnya, seperti World Super Bike yang akan kembali digelar tahun ini. 

Beberapa yang menjadi fokus adalah, dari segi pengguna jalan dimana nantinya akan digunakan penambahan penerangan, penempatan UMKM yang lebih tersebar, serta penyediaan electric vehicle.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Sirkuit Mandalika Bisa Balik Modal? Ini Kata Sandiaga Uno"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×