kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar miliarder muda yang kaya dari uang kripto dan bitcoin


Senin, 31 Mei 2021 / 04:00 WIB
Daftar miliarder muda yang kaya dari uang kripto dan bitcoin

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -   MOSCOW. Kehadiran mata uang kripto masih menuai pro dan kontra karena dianggap spekulatif. Toh, faktanya dari investasi uang kripto mampu mengantarkan beberapa anak muda menjadi miliarder.

Pendiri salah satu mata uang kripto, ethereum, Vitalik Buterin masuk dalam jajaran orang paling tajir di dunia. Ia memiliki sekitar 334.000 ether, yang diperdagangkan dengan harga di atas US$ 3.415 per koin pada Rabu lalu (26/5).

Artinya, ia telah mengantongi kekayaan dari mata uang ini sekitar US$ 1,14 miliar, mengutip Yahoo News. Buterin merupakan seorang programmer Rusia-Kanada berusia 27 tahun. Ia menciptakan ethereum pada tahun 2013 ketika berusia 19 tahun.

Sementara itu, melansir Bloomberg, Buterin memiliki latar belakang pekerjaan di jasa finansial. Dilihat dari karier pekerjaannya, dia merupakan Co-Founder Bitcoin Magazine, Co-Founder Ethereum Foundation, dan General Partner di Fenbushi Capital.

Baca Juga: Harga Bitcoin hingga Dogecoin merosot gara-gara dukungan negara berkurang

Ia lahir pada 1994 di kota kecil dekat Moskow namun dibesarkan di Kanada. Ibu dan ayahnya, masing-masing seorang analis keuangan dan ilmuwan komputer. Mereka bermigrasi untuk mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik, mengirim Buterin ke sekolah swasta di mana dia menjadi tertarik pada bidang mereka yakni pemrograman, ekonomi, dan kemudian di Bitcoin.

Buterin mendirikan Bitcoin Magazine, sebuah publikasi yang mencakup bitcoin dan cryptocurrency lainnya, pada tahun 2012. Pada tahun 2014, ia terpilih untuk menjadi bagian dari Thiel Fellowship, program dua tahun yang dibuat oleh miliarder Peter Thiel yang memberikan dana US$ 100.000 kepada kaum muda yang ingin membangun hal-hal baru daripada duduk di ruang kelas.

Pamor bitcoin semakin mencorong seiring  berbagai lembaga besar ikut mencemplungkan dana mereka ke mata uang digital ini. Perusahaan seperti Square dan Tesla menempatkan bitcoin di neraca mereka.

Perusahaan keuangan yang pernah lesu seperti BNY Mellon, bank tertua di Amerika Serikat sedang membangun produk kripto. Bahkan Bank Sentral AS The Federal Reserve terlibat menjajaki kemungkinan menerbitkan dolar digital.

Ketika bitcoin tumbuh, para investor awal, pembangunan infrastruktur, dan pendiri mata uang ini pun mendulang lonjakan pundi-pundi kekayaan. Forbes pun merilis daftar miliarder dari ekossitem Kripto yang mencerminkan bagaimana ekosistem kripto berkembang dan siapa saja yang diuntungkan.

1. Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss dengan kekayaan bersih US$ 3 miliar

Duo saudara kembar ini merupakan mantan pendayung Olimpiade yang sempat menggugat Facebook dan mendapatkan dana US$ 65 juta. Mereka tercatat sebagai investor awal bitcoin pada 2012, kini mereka memiliki kekayaan pribadi masing-masing $ 3 miliar. Mereka juga meluncurkan bursa uang kripto Gemini dan membeli platform lelang seni digital Nifty Gateway.

2. Michael Saylor dengan kekayaan bersih US $ 2,3 miliar

Ia merupakan CEO perusahaan perangkat lunak MicroStrategy meraup sekaligus kehilangan banyak uang selama kehancuran bubble burst dot-com pertama pada awal 2000. Ia kini memiliki kekayaan US$ 2,3 miliar setelah mengambil alih bitcoin sebelum booming untuk dirinya dan perusahaannya.

Baca Juga: Dapat dukungan dari investor kenamaan dunia, prospek bitcoin diperkirakan cerah



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×