kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,91   -17,61   -1.88%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar 4 bandara yang bakal sediakan layanan GeNose C19, bagaimana bandara Soetta?


Rabu, 17 Maret 2021 / 10:48 WIB
Daftar 4 bandara yang bakal sediakan layanan GeNose C19, bagaimana bandara Soetta?
ILUSTRASI. Kemenhub akan mulai melakukan uji coba penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara mulai April 2021. Tribunnews/Herudin

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Tak lama lagi, layanan GeNose C19 bakal ditemui di sejumlah bandara. Kabar terbaru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mulai melakukan uji coba penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara mulai April 2021. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021) yang membahas sejumlah hal, salah satunya pelaksanaan program transportasi nasional pada saat dan pasca pandemi. 

"Pada 1 April kita akan mulai di sektor udara. Dan kita lakukan bertahap, pertama kali kita lakukan di empat bandara, bukan di Soekarno Hatta," kata Budi dalam rapat kerja yang dipantau secara daring. 

Budi melanjutkan, penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara itu akan dimulai bertahap di empat bandara di antaranya Bandara Kualanamu Medan, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya. 

Baca Juga: Kemenhub tidak melarang adanya mudik lebaran pada 2021

Selanjutnya, kata dia, secara perlahan akan diberlakukan dan rencananya akan tersedia di seluruh bandara di Indonesia mulai 1 Mei 2021. Selain itu, ia juga membeberkan rencana bahwa Kemenhub akan merencanakan GeNose tersedia seluruhnya di 44 stasiun kereta api di Indonesia. 

"Awalnya kita tidak akan gegabah, kita lakukan dulu di kereta api. Sudah ada 14 stasiun kereta api. Kita harapkan 44 stasiun akan kita selesaikan," ujarnya. 

Baca Juga: Catat! Naik kereta api long weekend ini, surat negatif Covid-19 berlaku hanya 24 jam

Budi menjelaskan, GeNose C19 merupakan satu temuan anak bangsa guna melancarkan program testing dan tracing Covid-19. Menurut dia, GeNose C19 dipilih karena memiliki biaya yang relatif murah, dan terjangkau di masyarakat. 

"Mengingat biaya PCR dan antigen ini cukup memberatkan, pemerintah bersama beberapa operator telah mendorong satu temuan anak bangsa yaitu GeNose. Ini relatif lebih murah, dan terjangkau," ujar dia. 

Baca Juga: Batik Air sediakan layanan gratis rapid test antigen Covid-19

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan baru menerapkan GeNose C19 di sektor transportasi kereta api. 

Sejauh ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah menambah jumlah stasiun yang memberikan layanan pemeriksaan atau tes Covid-19 menggunakan GeNose C19. 
Total ada 14 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Adapun tarif untuk melakukan pemeriksaan menggunakan GeNose yaitu Rp 20.000.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub Sebut GeNose C19 Tersedia di Empat Bandara Mulai April 2021"
Penulis : Nicholas Ryan Aditya
Editor : Bayu Galih

Selanjutnya: Tak perlu PCR, 12 stasiun ini sediakan layanan GeNose untuk syarat perjalanan kereta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×