Covid-19 Melandai, Jumlah Kinjungan Wisatawan Asing Meroket

Selasa, 04 Oktober 2022 | 09:40 WIB   Reporter: Bidara Pink
Covid-19 Melandai, Jumlah Kinjungan Wisatawan Asing Meroket


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Angin segar berhembus di sektor pariwisata. Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), makin terlihat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada Agustus 2022. 

Kepala BPS Margo Yuwono menyebut, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada bulan laporan sebanyak 510,2 ribu kunjungan. Ini naik 6,98% bila dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada Juli 2022. 

Namun, bila dibandingkan dengan Agustus tahun lalu, jumlah pelancong mancanegara ini meroket 28.727,46% yoy. 

“Ini bisa dipahami, karena pada Agustus tahun lalu ekskalasi pandemi Covid-19 masih luar biasa. Sekarang, kondisi sudah lebih baik dan ada peningkatan mobilitas masyarakat, sehingga perkembangan jumlah wisatawan mancanegara pun terus meningkat,” tutur Margo dalam konferensi pers, Senin (3/10). 

Baca Juga: Harga BBM Naik, Inflasi September 2022 Capai 1,17% MoM

Dengan jumlah tersebut, berarti total kunjungan wisatawan mancanegara dari awal tahun hingga Agustus 2022 sudah mencapai 1,73 juta kunjungan. Ini pun meningkat drastis 2.028,65% bila dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 81,29 ribu kunjungan. 

Tentu saja, perkembangan ini merupakan hal yang baik bagi perkembangan pariwisata Indonesia. Selain itu, ini akan membawa dampak multiplier kepada pertumbuhan ekonomi. 

“Apalagi, secara kegiatan ini menjadi kegiatan yang penting. Harapannya, wisatawan mancanegara kembali dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kembali,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru