CIMB Niaga targetkan KPR tahun ini bisa tumbuh 7%

Kamis, 15 Juli 2021 | 04:15 WIB   Reporter: Amanda Christabel
CIMB Niaga targetkan KPR tahun ini bisa tumbuh 7%

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kredit properti menjadi penopang kredit perbankan hingga semester satu tahun 2021. Khususnya kredit kepemilikan rumah (KPR), yang hingga akhir tahun diproyeksi akan tumbuh lebih besar dibandingkan sektor kredit lainnya, meskipun bunga KPR belum turun secara signifikan. 

Hal ini juga didukung dengan adanya stimulus pembebasan pajak yang diberikan pemerintah, dan pelonggaran loan to value (LTV) yang diberikan oleh Bank Indonesia (BI).

Salah satunya PT Bank CIMB Niaga Tbk yang menyebut terbantu oleh aturan uang muka KPR. “Beberapa developer partner saat ini masih menerapkan DP sekitar minimal 10%, dan lebih selektif untuk LTV 100%,” ujar Mortgage & Secured Loan Business Head CIMB Niaga, Heintje Mogi, kepada KONTAN pada Rabu (14/7).

Baca Juga: Bank BTN Perluas Akses Masyarakat Terhadap Layanan Perbankan Tabungan e'BataraPos

Heintje bilang, peningkatan bisnis KPR CIMB Niaga turut didorong oleh bisnis developer dan agen properti yang menggeliat di semester pertama tahun 2021. “Ditambah, kondisi saat ini daya beli nasabah sudah meningkat seiring dengan kondisi new normal,” tambah Heintje.

Untuk kisaran bunga fix and float KPR di CIMB Niaga dimulai dari 5% untuk fix 3 tahun, 6% untuk fix 5 tahun, dan 6,36% untuk fix 6 tahun yang berlaku untuk pembelian rumah primary dan secondary. Sementara itu, yang pasti fix sepanjang tenor terdiri dari 8,66% untuk fix 10 tahun, dan 10,66% untuk fix 15 tahun.

Terkait dengan pertumbuhan kredit properti, Heintje menjelaskan bahwa selama semester satu 2021 bisnis KPR CIMB Niaga mencatatkan kenaikan outstanding secara year on year (yoy) sebesar 7,3%.

“Manajemen menargetkan pertumbuhan bisnis KPR CIMB Niaga secara yoy di 2021 adalah di kisaran 7%,” terang Heintje.

Baca Juga: Ada stimulus, BRI yakin laju KPR bakal kencang sampai akhir tahun

Tentunya, untuk mencapai target ini CIMB Niaga memiliki strategi. Pertama, memperkuat relasi antara developer dan agen properti melalui program kerjasama khusus, dan memperbanyak event gathering online atau offline bersama prime partners CIMB Niaga.

“Kedua, meningkatkan cross selling kepada premium customer CIMB melalui program khusus yang menarik. Ketiga, memperbesar referral business KPR secara digital melalui campaign OCTO Friends,” tutup Heintje.

Selanjutnya: Dapat penghargaan, simak strategi BTN untuk tingkatkan produktivitas karyawannya

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru