kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China mengatakan 1 miliar dosis vaksin COVID-19 telah diberikan


Senin, 21 Juni 2021 / 15:35 WIB
China mengatakan 1 miliar dosis vaksin COVID-19 telah diberikan

Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. China mengumumkan bahwa lebih dari satu miliar dosis vaksin COVID-19 telah diberikan di negara itu, ketika negara berpenduduk terpadat di dunia itu mempercepat program imunisasinya. Pengumuman oleh Komisi Kesehatan Nasional (NHC) datang setelah jumlah suntikan yang diberikan secara global melampaui 2,5 miliar pada hari Jumat, menurut hitungan AFP dari sumber resmi.

NHC tidak mengatakan berapa banyak orang yang telah divaksinasi. Namun yang pasti seperti di tempat lain, sebagian besar vaksin di China diberikan dalam dua dosis.

Laju vaksinasi telah dipercepat di negara berpenduduk 1,4 miliar orang setelah awal yang lambat. Jumlah total dosis yang diberikan dua kali lipat dari 500 juta dalam waktu kurang dari sebulan, menurut penghitungan pemerintah.

Kurangnya transparansi dan skandal vaksin sebelumnya juga menyebabkan resistensi di antara warga. Pihak berwenang telah menetapkan target ambisius untuk memvaksinasi 40 persen dari hampir 1,4 miliar penduduk negara itu pada akhir bulan ini.

Insentif untuk vaksin

Beberapa provinsi menawarkan vaksin gratis untuk mendorong orang menyingsingkan lengan baju mereka. Penduduk di provinsi Anhui tengah telah diberikan telur gratis, sementara beberapa yang tinggal di Beijing telah menerima kupon belanja.

Baca Juga: Pakar penyakit China: Penyelidikan asal-usul Covid-19 harus dialihkan ke AS

Wabah baru-baru ini dari varian virus Delta yang lebih menular di kota selatan Guangzhou juga menjadi peringatan bagi banyak orang. China melaporkan 23 kasus virus corona baru pada hari Minggu.

Negara ini memiliki empat vaksin yang disetujui bersyarat, yang tingkat kemanjuran yang dipublikasikan tetap berada di belakang Pfizer-BioNTech dan Moderna, yang masing-masing memiliki tingkat keberhasilan 95 persen dan 94 persen.

Sinovac China sebelumnya mengatakan uji coba suntikannya di Brasil menunjukkan sekitar 50 persen kemanjuran dalam mencegah infeksi dan 80 persen dalam mencegah kasus yang memerlukan intervensi medis.

Kedua vaksin Sinopharm memiliki tingkat kemanjuran masing-masing 79 persen dan 72 persen, sedangkan kemanjuran keseluruhan untuk CanSino mencapai 65 persen setelah 28 hari. Regulator belum menyetujui vaksin non-Cina sejauh ini, meskipun mereka tampaknya bergerak ke arah itu untuk vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.

China diperkirakan akan memproduksi lebih dari tiga miliar dosis vaksin tahun ini, kantor berita Xinhua melaporkan pada bulan April. Otoritas kesehatan belum mengatakan kapan China akan mencapai kekebalan kawanan atau berapa proporsi dosis vaksinnya yang akan dijual ke luar negeri.

Selanjutnya: Jawab teori asal usul virus corona dari kebocoran lab, ini kata Wanita Kelelawar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×