kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China Alami Pertumbuhan Kuat Pasca COVID, IMF Naikkan Prediksi PDB Tiongkok


Rabu, 08 November 2023 / 14:08 WIB
China Alami Pertumbuhan Kuat Pasca COVID, IMF Naikkan Prediksi PDB Tiongkok
ILUSTRASI. Pada Selasa (7/11/2023), IMF mengerek prediksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) China. REUTERS/Dado Ruvic

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pada Selasa (7/11/2023), Dana Moneter Internasional (IMF) mengerek prediksi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) China. 

Melansir Reuters, perekonomian China diperkirakan tumbuh 5,4% tahun ini, setelah mengalami pemulihan yang "kuat" pasca-COVID. Sebelumnya, IMF memprediksi ekonomi China hanya akan tumbuh sebesar 5%. 

Meski demikian, IMF memperkirakan, pertumbuhan ekonomi China akan lebih lambat tahun depan.

IMF mengatakan, pelemahan yang terus berlanjut di sektor properti dan lemahnya permintaan eksternal dapat membatasi pertumbuhan PDB menjadi 4,6% pada tahun 2024. Namun, angka itu masih lebih baik dari perkiraan 4,2% yang tercantum dalam World Economic Outlook (WEO), yang diterbitkan pada bulan Oktober.

Revisi ke atas ini menyusul keputusan China untuk menyetujui penerbitan obligasi negara senilai 1 triliun yuan (US$ 137 miliar) dan mengizinkan pemerintah daerah untuk memuat sebagian dari kuota obligasi tahun 2024 mereka, sebagai langkah untuk mendukung perekonomian.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini Berpotensi Melambat Dibanding 2022

“Kami telah merevisi pertumbuhan sebesar 0,4 poin persentase di kedua tahun dibandingkan dengan proyeksi WEO bulan Oktober. Ini mencerminkan pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan pada kuartal ketiga dan dukungan kebijakan baru yang baru-baru ini diumumkan,” kata Deputi Pertama Direktur Pelaksana IMF Gita Gopinath di Beijing.

Dalam jangka menengah, pertumbuhan ekonomi China diproyeksikan akan melambat secara bertahap menjadi sekitar 3,5% pada tahun 2028 di tengah hambatan akibat lemahnya produktivitas dan penuaan populasi.

Menurut IMF, China telah menerapkan sejumlah langkah untuk mendukung pasar properti. Namun, diperlukan lebih banyak upaya untuk menjamin pemulihan yang lebih cepat dan menurunkan biaya ekonomi untuk menurunkannya ke ukuran yang lebih berkelanjutan.

“Untuk sektor real estat, paket kebijakan seperti itu antara lain memerlukan percepatan keluarnya pengembang properti yang tidak layak, menghilangkan hambatan terhadap penyesuaian harga rumah, dan meningkatkan pendanaan pemerintah pusat untuk penyelesaian perumahan,” kata Gopinath.

Baca Juga: Dedolarisasi: Negara-Negara BRICS Bisa Hancurkan Si Raja Dolar

Para ekonom menilai, kombinasi dari penurunan sektor properti dan krisis utang pemerintah daerah dapat menghapus sebagian besar potensi pertumbuhan jangka panjang Tiongkok.

Data Reuters menunjukkan, utang pemerintah daerah telah mencapai 92 triliun yuan (US$12,6 triliun), atau 76% dari output perekonomian China pada tahun 2022. Angka ini naik dari 62,2% pada tahun 2019. 

Politbiro China, sebuah badan pengambil keputusan utama dari Partai Komunis yang berkuasa, mengatakan pada akhir Juli bahwa pihaknya akan mengumumkan kebijakan untuk memangkas risiko utang pemerintah daerah. 

“Pemerintah pusat harus menerapkan reformasi kerangka fiskal yang terkoordinasi dan restrukturisasi neraca untuk mengatasi beban utang pemerintah daerah, termasuk menutup kesenjangan fiskal pemerintah daerah dan mengendalikan aliran utang,” kata Gopinath.

Dia juga menambahkan, China juga harus mengembangkan strategi restrukturisasi yang komprehensif untuk mengurangi tingkat utang kendaraan pembiayaan pemerintah daerah (LGFV).

LGFV didirikan oleh pemerintah daerah untuk mendanai investasi infrastruktur. Namun kini menimbulkan risiko besar terhadap perlambatan perekonomian China, dengan gabungan utang mereka yang membengkak hingga mencapai US$ 9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×