kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cerestar Indonesia (TRGU) Dorong Pengembangan Bisnis UMKM Berbasis Terigu


Jumat, 06 Januari 2023 / 07:00 WIB
Cerestar Indonesia (TRGU) Dorong Pengembangan Bisnis UMKM Berbasis Terigu

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cerestar Indonesia Tbk (TRGU), emiten produsen tepung olahan gandum yang merupakan bagian dari Cerestar Group mendukung pengembangan bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produsen makanan berbahan tepung terigu.

Perseroan mendukung pengembangan para pengusaha UMKM tersebut dengan memberikan berbagai pelatihan tentang penggunaan jenis tepung terigu yang tepat untuk pembuatan setiap jenis produk makanan. 

“Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda, karena tepung untuk mie, berbeda dengan kebutuhan tepung untuk kue, berbeda dengan tepung untuk biskuit, berbeda dengan tepung untuk roti, begitu seterusnya. Setiap jenis makanan yang diproduksi harus menggunakan jenis tepung terigu tersendiri yang tepat, supaya diperoleh kualitas yang dikehendaki,” kata Direktur Utama Cerestar Indonesia, Indra Irawan, Kamis (5/1).

Jadi, tidak hanya sekadar menjual produk, TRGU juga menyediakan technical support services atau layanan dukungan teknis untuk produksi makanan yang dijual para pelanggan. Layanan technical support ini disediakan terutama untuk membantu menambah wawasan UMKM tentang cara penggunaan dan pengolahan tepung terigu yang tepat untuk membuat produk tertentu.

Baca Juga: Laba Bersih Cerestar Indonesia (TRGU) Melesat 320% Hingga Kuartal III 2022

Bagi TRGU sendiri, layanan ini merupakan bagian dari upaya membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan dengan meraih pelanggan baru. Karena dengan turun ke pasar dan bertanya langsung kepada para pengusaha UMKM tentang persoalan produk jualan mereka, Perseroan dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan lebih baik sehingga dapat memberikan resep yang tepat untuk setiap jenis produk yang dikehendaki.

Dalam hal ini, Perseroan melakukan pelatihan kepada pengusaha UMKM melalui dua cara. Pertama, secara berkala TRGU mengundang pelanggan dan calon pelanggan ke baking center Perseroan untuk berbagi dan mencoba resep baru.

Kedua, setiap bulannya TRGU beberapa kali melakukan kunjungan ke toko-toko pelanggan di berbagai kota, baik atas undangan dari pelanggan atau pun atas inisiatif dari TRGU. Dalam kunjungan tersebut, tim layanan technical support TRGU akan memberikan evaluasi, masukan, dan demonstrasi cara pembuatan produk yang tepat sekaligus membantu memperbaiki proses produksi.

 

“Kegiatan demonstrasi pembuatan produk berbahan tepung terigu sekaligus pelatihan ini kami lakukan di berbagai kota besar di Indonesia dan kami promosikan di media sosial,” tambah Indra Irawan.

Oleh karena itu, TRGU memiliki bagian product development, yaitu unit perusahaan yang selalu mengembangkan produk sehingga dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan konsumen.

Dengan adanya unit product development, TRGU bisa selalu menjawab kebutuhan pelanggan, penyediaan jenis-jenis tepung terigu yang sesuai untuk produk-produk inovasi baru para pelanggan sekaligus memberikan pelatihan pengolahan tepung terigu menjadi produk yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×