CEO Amazon, Jeff Bezos, percaya dengan nasihat Warren Buffett ini

Sabtu, 02 Januari 2021 | 00:10 WIB Sumber: CNBC
CEO Amazon, Jeff Bezos, percaya dengan nasihat Warren Buffett ini


KONTAN.CO.ID -  Sebagai orang terkaya di dunia, Jeff Bezos mungkin bukan orang yang membuat resolusi Tahun Baru, terutama dalam menjalankan perusahaannya, Amazon. Itu karena Bezos selalu memikirkan tiga tahun dan hanya membuat beberapa keputusan bagus dalam sehari.

Dalam buku baru, “Invent & Wander: The Collected Writings of Jeff Bezos,” Bezos mengatakan dia, bersama dengan staf seniornya, selalu bekerja “di masa depan,” menurut buku tersebut.

“Ketika saya memiliki telepon konferensi triwulanan yang bagus dengan Wall Street, orang-orang akan menghentikan saya dan berkata, 'Selamat atas kuartal Anda,' dan saya berkata, 'Terima kasih,' tetapi yang sebenarnya saya pikirkan adalah kuartal itu dipersiapkan tiga tahun lalu, ”kata Bezos.

Baca Juga: Warren Buffett beri ragam nasihat dari investasi hingga hidup untuk awali tahun baru

Misalnya, saat ini, Bezos dan timnya sedang mengerjakan kuartal yang "akan terungkap hasilnya pada tahun 2023nanti," menurut tulisan, "Thinking Three Years Out," dalam buku tersebut seperti dilansir CNBC, Kamis (31/12).

“Dan itulah yang perlu Anda lakukan,” kata Bezos saat Anda menjalankan perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari satu triliun dolar seperti Amazon. Memiliki pendekatan pemikiran jangka panjang ini, membantu bisnis fokus pada perencanaan dan di mana mereka harus menginvestasikan energi mereka, kata Bezos pada tahun 2017 dalam acara tahunan Asosiasi Internet.

Sebagai CEO, penting juga bahwa Bezos hanya membuat beberapa keputusan sehari. “Sebagai seorang eksekutif senior, Anda dibayar untuk melakukan apa? Anda dibayar untuk membuat sejumlah kecil keputusan berkualitas tinggi, ”katanya.

Baca Juga: Ramalan Steve Jobs tahun 1990 terbukti benar pada hari ini!

Bezos, 56 tahun, berkata jika dia membuat "tiga keputusan bagus sehari, itu cukup, dan kualitasnya harus setinggi yang saya bisa."

Hal-hal berbeda ketika Amazon dimulai pada pertengahan 1990-an, katanya. Selama waktu itu, Bezos harus membuat ratusan keputusan dalam sehari dan bahkan mengemas kiriman dan mengantarkannya sendiri di kantor pos.

Tetapi banyak hal berubah dengan cepat ketika Amazon go public pada tahun 1997 dan basis karyawan perusahaan tumbuh dari 158 menjadi 614 orang pada tahun itu. Saat ini, Amazon memiliki lebih dari 1 juta karyawan di seluruh dunia.

Untuk membuat keputusan yang baik, Bezos meniru filosofi pengambilan keputusan sesama miliarder Warren Buffet: "Warren Buffet mengatakan dia baik jika dia membuat tiga keputusan yang baik setahun, dan saya sangat percaya itu," kata Bezos.

Selanjutnya: Ini daftar miliarder dunia yang paling untung dan paling buntung tahun ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru