Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, Ada 6 Cara Mudah

Senin, 24 Januari 2022 | 09:41 WIB Sumber: Kompas.com
Cek Nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, Ada 6 Cara Mudah

ILUSTRASI. Ada cara mudah untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada cara mudah untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Cara ini bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Artikel ini akan mengulas cara mengecek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK. Jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan penting untuk dimiliki sebagai bentuk mitigasi apabila di masa mendatang terjadi masalah kesehatan. Apalagi, biaya iuran BPJS Kesehatan cukup terjangkau. 

Namun, nomor BPJS Kesehatan seringkali terlupakan. Padahal nomor ini diperlukan setiap peserta akan menggunakan layanan kesehatan, cek tagihan iuran, dan membayar iuran BPJS Kesehatan. 

Oleh karenanya, BPJS Kesehatan memudahkan pesertanya untuk melakukan cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, agar bisa digunakan peserta saat diperlukan. 

Baca Juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi Baru Lahir, Wajib Tahu

Lalu, cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK bisa dilakukan melalui apa saja? 

Simak penjelasannya di bawah ini. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK Berdasarkan situs resmi BPJS Kehatan, berikut ini cara mengecek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP: 

1. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK via SMS 

BPJS Kesehatan menyediakan layanan SMS Gateway untuk memudahkan peserta mendapatkan informasi melalui pesan singkat. 

Layanan SMS Gateway diakses melalui nomor jaringan seluler nomor 08777-5500-400. Untuk bisa menggunakan layanan ini, peserta harus memastikan pulsanya mencukupi untuk mengirim dan menerima SMS. 

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK cukup mudah, peserta hanya perlu mengirim SMS ke nomor 08777-5500-400 dengan format: NIK(spasi)Nomor NIK. 

Baca Juga: Ini Cara Mencairkan JHT dan JKP pada BPJS Ketenagakerjaan, Sudah Tahu?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru