kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah Macet Arus Balik, Kapolri Usul ASN dan Pegawai Swasta WFH Satu Pekan


Jumat, 06 Mei 2022 / 05:00 WIB
Cegah Macet Arus Balik, Kapolri Usul ASN dan Pegawai Swasta WFH Satu Pekan

Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - BADUNG. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusulkan kepada instansi pemerintah dan swasta untuk menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) setelah momen Lebaran berakhir. Hal ini untuk mencegah terjadinya kemacetan saat arus balik.

Menurutnya, kebijakan WFH dapat diterapkan selama satu minggu setelah puncak arus balik Lebaran yang jatuh pada tanggal 8 Mei 2022.

"Kami juga mengimbau untuk mengurai arus balik, khususnya bagi instansi- instasi baik itu swasta atau pemerintah yang masih memungkin untuk satu minggu ini, bisa melaksanakan aktivitas dengan menggunakan media yang ada ,seperti online maupun work from home," kata Listyo di Garuda Wisnu Kencana, Desa Unggasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (5/5).

Baca Juga: Simak Rincian Rekayasa One Way dari Tol Palimanan Utama Hingga Tol Cikampek

Listyo berharap seluruh instansi dapat menerapkan WFH dan saling berkoordinasi agar tidak menganggu kepentingan instansi tersebut. Tentu ini perlu dikoordinasikan sehingga antara perusahan, institusi, perkantoran yang ada.

"Kemudian bisa berkoordinasi dengan karyawannya. Sehingga proses kegiatan tetap bisa berjalan, namun masyarakat juga tidak menghadapi risiko (kemacetan saat puncak) arus balik," tuturnya.

Berdasarkan pemantauannya, arus balik Lebaran sudah mulai terjadi pada hari ini. Kepadatan lalu lintas terjadi dari arah Jawa Barat menuju Jakarta.

"Mulai hari ini sudah terjadi peningkatan (kepadatan lalu lintas) di beberapa ruas (jalan raya), khususnya wilayah Jawa Barat yang mengarah ke Jakarta sehingga kita tentunya mempersiapkan strategi dalam mengatur arus balik sama seperti saat mudik kemarin," katanya.

Baca Juga: Jasa Marga: Ada 269.444 Kendaraan Kembali ke Jabotabek pada 8 Mei 2022

Penulis : Kontributor Bali, Yohanes Valdi Seriang Ginta
Editor : Dita Angga Rusiana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kemacetan Arus Balik Lebaran, Kapolri Imbau ASN dan Karyawan Swasta WFH Satu Minggu".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×