Catat! Jalur Puncak bakal ditutup total saat libur Nataru

Kamis, 09 Desember 2021 | 10:00 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Jalur Puncak bakal ditutup total saat libur Nataru


KONTAN.CO.ID - BOGOR. Bila Anda berencana untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di kawasan Puncak Bogor, sebaiknya dibatalkan. Menurut Polres Bogor, pihaknya berencana menutup total jalur Puncak seperti tahun-tahun sebelumnya untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan atau mobilitas warga saat Nataru 2022. 

Jika mengacu tahun sebelumnya, jalur Puncak Bogor ditutup selama 12 jam mulai tanggal 31 Desember sore hingga tanggal 1 Januari keesokan harinya.  

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, rencana penutupan ini dilakukan untuk menekan mobilitas warga saat libur panjang. Sebab, di masa-masa liburan itu kasus positif Covid-19 berisiko meningkat. 

"(Jalur puncak) bisa memungkinkan untuk ditutup total, sambil kita lihat hasil kebijakan pusat bagaimana," kata Harun di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (7/12/2021). 

Baca Juga: PPKM Level 3 dibatalkan, ini syarat perjalanan jarak jauh selama momen Nataru

Harun menyebut bahwa untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya sudah memberlakukan kebijakan ganjil genap (gage) di jalur Puncak dan Sentul setiap akhir pekan. Bahkan, nantinya polisi bakal menambah pos-pos pengamanan untuk Nataru. 

Rencana kebijakan penutupan itu akan dilakukan selama 12 jam, mulai pada malam pergantian tahun hingga keesokan harinya. 

"Sekarang saja sudah mulai kita antisipasi seperti biasanya penerapan gage setiap akhir pekan dan mungkin nanti akan kita tambahkan pos pengamanan terkait Nataru ini," ujarnya. 

"Secara teknisnya gimana, itu kita masih koordinasikan dengan Bogor Raya dan dengan pusat juga bagaimana penerapan aturannya. Nanti kita selaraskan," imbuh Harun.   

Baca Juga: Kasus Covid-19 melandai, tetap harus hati-hati jika pergi ke mall

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru