Cara Mudah Cek NISN dan NPSN Sekolah untuk Daftar Akun LTMPT 2022

Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:17 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mudah Cek NISN dan NPSN Sekolah untuk Daftar Akun LTMPT 2022

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kini, para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas 12 yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Perguruan Tinggi, sudah dapat mendaftarkan diri untuk membuat akun LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). 

Kamu bisa melakukan pendaftaran melalui situs https://portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran akun LTMPT 2022 membutuhkan beberapa dokumen yang harus dipersiapkan siswa terlebih dulu sebagai syarat. 

Adapun syarat yang dibutuhkan antara lain: siswa harus menyiapkan NISN (Nomor Induk Sekolah Nasional) dan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). 

NISN merupakan kode atau nomor pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Mirip seperti NIK dalam KTP, NISN berfungsi untuk membedakan identitas antar siswa seluruh sekolah di Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri. 

Baca Juga: Pendaftaran Akun LTMPT Dibuka Sore Ini, SImak Lagi Syarat Buat Daftar SNMPTN 2022

Sementara itu, NPSN adalah kode pengenal identitas sekolah. Berkebalikan dengan NISN, NPSN berfungsi untuk membedakan identitas antar sekolah. 

NPSN sendiri berisi kode yang terdiri dari 8 digit angka, yang berlaku secara nasional dan diberikan pada sekolah yang masih aktif. NISN dan NPSN harus dimasukkan oleh siswa dalam kolom pendaftaran akun LTMPT 2022. 

Apabila siswa belum mengetahui NISN miliknya dan NPSN dari sekolahnya, siswa bisa mencari melalui laman Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). 

Berikut cara cek NISN dan NPSN buat daftar akun LTMPT 2022: 

Baca Juga: Terbaru, LTMPT Ubah Jadwal SNMPTN 2022, Batas Registrasi Akun Dipercepat

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru