CLOSE [X]

Cara Mengatasi Jika Sertifikat Vaksin Covid-19 Tidak Muncul, Mudah!

Sabtu, 09 April 2022 | 14:46 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mengatasi Jika Sertifikat Vaksin Covid-19 Tidak Muncul, Mudah!

ILUSTRASI. Sertifikat vaksin dipakai sebagai bukti bahwa pengguna telah melakukan vaksinasi Covid-19. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Terkadang, ada kendala yang ditemui oleh sebagian pengguna aplikasi PeduliLindungi. Salah satunya,  kenapa sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. 

Sertifikat tersebut biasanya dipakai sebagai bukti bahwa pengguna telah melakukan vaksinasi Covid-19. Vaksinasi sendiri dibutuhkan untuk meminimalisir penyebaran dan pemaparan virus Covid-19. 

Dengan memiliki sertifikat vaksin tersebut, artinya pengguna terbukti relatif aman dari paparan virus, sehingga bisa bepergian dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Sertifikat vaksin biasanya bakal muncul dalam rentang waktu 1x24 jam atau sehari setelah data pengguna berhasil diinput oleh petugas vaksinasi. 

Kemudian, pengguna bisa mengakses sertifikat tersebut secara langung di aplikasi PeduliLindungi. 

Sementara itu, kadang persoalan sertifikat vaksin tidak muncul bisa terjadi akibat pengguna belum memahami proses untuk mendapatkannya. 

Untuk mendapatkan sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi, pengguna perlu melakukan pengisian data diri terlebih dahulu. 

Baca Juga: Berencana Mudik Lebaran Naik Pesawat? Tak Cukup Hanya Antigen dan PCR, Ini Syaratnya

Data diri seperti nama lengkap, NIK, serta jenis vaksin, harus diinput dengan benar di aplikasi PeduliLindungi. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru