kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Gampang Tukarkan Uang Baru untuk Isi Amplop Lebaran, Klik Pintar.bi.go.id


Senin, 18 April 2022 / 02:45 WIB
Cara Gampang Tukarkan Uang Baru untuk Isi Amplop Lebaran, Klik Pintar.bi.go.id

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap tahun, kebutuhan dana tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri selalu meningkat. Apalagi di Indonesia ada tradisi unik dalam setiap momen lebaran, yakni membagi-bagikan uang tunai lembaran baru bagi sanak keluarga. 

Terkait hal tersebut, melansir laman indonesia.go.id, Bank Indonesia sudah menyiapkan uang tunai layak edar senilai Rp 175,26 triliun untuk kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri. Nilai uang tunai tersebut naik 13,42% dibandingkan tahun sebelumnya. 

BI juga telah menyiapkan layanan penukaran uang tunai baru untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri di 5.013 titik penukaran uang pada 262  bank umum di seluruh Indonesia sejak 4 April 2022 hingga 29 April 2022.

Jumlah itu diketahui meningkat delapan persen dibandingkan tahun sebelumnya. Masyarakat dapat mengetahui rincian lokasi bank tempat penukaran uang tunai baru dengan mengeceknya pada link berikut ini di https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/sp_249622_Booklet-Titik-Penukaran-Uang-Rupiah-oleh-Perbankan.pdf.

Masyarakat juga akan diberikan kesempatan untuk menukarkan uang rupiah lamanya atau menukarkan uang tunai rupiah pecahan tertentu pada layanan mobil kas keliling BI yang sempat vakum selama dua tahun terakhir karena pandemi. Adapun periode layanan penukaran uang rupiah lama dengan uang tunai baru pada mobil kas keliling BI yaitu 4-29 April 2022.

Baca Juga: Bank Indonesia Mulai Layani Tukar Uang, Ini Cara Cek Lokasi Jasa Penukaran

Tidak seperti sebelumnya, BI kini melakukan mekanisme khusus untuk menjaga tetap terjaganya protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona. 

Berikut adalah cara menukarkan uang baru di BI:

1. Masyarakat harus mendaftar melalui aplikasi PINTAR BI di https://pintar.bi.go.id sebelum mendatangi lokasi mobil kas keliling BI.

2. Ketika masuk ke aplikasi PINTAR, silakan pilih provinsi lokasi mobil kas keliling BI dengan klik "Lihat Lokasi". 

3. Kemudian akan tampil lokasi mobil kas keliling BI yang dapat dipilih dalam bentuk tabel. 

4. Klik "Pilih" pada lokasi mobil kas keliling BI yang diinginkan. 

5. Lalu, isi lengkap data pemesanan yaitu nomor induk kependudukan (NIK) pada kartu tanda penduduk (KTP), nama, nomor telepon, dan alamat email.

6. Isi jumlah lembar uang rupiah yang ingin ditukarkan (apabila terdapat pecahan yang tidak dipilih, biarkan bernilai nol). 

7. Jika kolom jumlah lembar yang akan ditukarkan selesai diisi, selanjutnya akan tampil resume bukti pemesanan dan akan dikirimkan ke alamat email pemesan yang telah dicantumkan sebelumnya. 

8. Resume tersebut dapat diunduh dalam format PDF dengan klik "Download Bukti Pemesanan".



TERBARU

×