Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 29, Lengkap dengan Tips Agar Bisa Lolos Seleksi

Rabu, 18 Mei 2022 | 06:46 WIB   Reporter: kompas.com
Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 29, Lengkap dengan Tips Agar Bisa Lolos Seleksi

ILUSTRASI. Sejak Minggu (16/5/2022), Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 29 telah dibuka. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Minggu (16/5/2022), Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 29 telah dibuka. Bagi Anda yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa mencoba lagi di program Kartu Prakerja Gelombang 29. 

Caranya mudah, cukup login ke dasboard prakerja.go.id menggunakan email dan password akun yang sudah didaftarkan sebelumnya. 

Kemudian, klik "Gabung Gelombang" Kartu Prakerja Gelombang 29. Setelah itu, Anda tinggal menunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi gelombang di dashboard. 

Tips lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 29

Dikutip dari Instagram @prakerja.go.id, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda lolos seleksi Kartu Prakerja. 

Baca Juga: Cek Kartu Keluarga secara Online dengan Mudah dan Praktis, Ada 5 Cara

Pertama, pastikan bahwa Anda memenuhi syarat daftar Kartu Prakerja. Adapun syarat daftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut: 

  • WNI berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Tidak menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota POLRI, Kepada Desa dan perangkat Desa, Direksi Komisaris, Dewan Pengawas pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah seperti Bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU, BPUM atau penerima kartu prakerja sebelumnya.
  • Penerima Kartu Prakerja maksimal 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga.

Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, tips kedua adalah mendaftar Kartu Prakerja menggunakan e-mail dan nomor handphone yang aktif. Hal ini penting karena akan dipakai untuk verifikasi akun dan pemberitahuan jika peserta dinyatakan lolos.

Kemudian, tips ketiga adalah memastikan bahwa data yang dimasukkan telah sesuai dengan Dukcapil. Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Tips keempat, perhatikan ketentuan upload foto KTP saat daftar Kartu Prakerja sesuai panduan. Misalnya, upload foto KTP langsung dari kamera HP secara jelas. Jika Anda mengakses lewat komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser ponsel.

Baca Juga: Bisa Dapat Dana Pelatihan Rp 1 Juta, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 28

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru