Ekonomi

Cakupan penjaminan LPS capai 99,92% dari total rekening industri perbankan

Selasa, 04 Mei 2021 | 06:50 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Cakupan penjaminan LPS capai 99,92% dari total rekening industri perbankan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga penjamin Simpanan (LPS) menegaskan berkomitmen menjaga dana simpanan masyarakat di perbankan meski di tengah pandemi. Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa bilang hal itu tecermin dari cakupan penjaminan yang dilakukan oleh LPS mencapai 99,92% dari total 335,3 juta rekening yang ada di perbankan hingga Maret 2021. 

“Besaran nilai simpanan yang dijamin oleh LPS sebesar Rp 2 miliar per nasabah per bank, pada saat ini setara dengan 35,1 kali PDB per kapita nasional 2020. Rasio ini jauh di atas rata-rata negara berpendapatan menengah ke atas yang mencapai 6,25 kali PDB per kapita,” ujar Purbaya dalam konferensi pers hasil rapat berkala II KSSK tahun 2021 pada Senin (3/5). 

Lanjut Ia mempertimbangkan tren suku bunga pada simpanan yang terus menunjukkan penurunan dan sinergi kebijakan pendorong momentum pemulihan ekonomi, LPS menurunkan suku bunga penjaminan pada Februari 2021.

Baca Juga: LPS siapkan pembayaran klaim simpanan nasabah dan likuidasi BPR Bina Barumun

LPS memangkas tingkat bunga penjaminan untuk rupiah pada bank umum dan BPR masing-masing sebesar 25 bps (basis poin). LPS juga menurunkan tingkat bunga penjaminan untuk valuta asing pada bank umum sebesar 25 bps (basis point). 

Dengan demikian, bunga penjaminan untuk rupiah pada bank umum ditetapkan menjadi sebesar 4,25% dan untuk valuta asing pada bank umum sebesar 0,75%. Sementara itu, Tingkat Bunga Penjaminan untuk Rupiah pada BPR menjadi sebesar 6,75%. 

“Kebijakan ini ditujukan untuk menjaga tingkat kepercayaan nasabah terhadap sistem perbankan. Sekaligus untuk mendorong penurunan cost of fund perbankan sehingga suku bunga kredit bisa turun untuk mendorong pertumbuhan kredit,” papar Purbaya. 

Selanjutnya: BRI sediakan layanan penukaran uang pecahan kecil di 20 kantor cabang Jabodetabek

 

Editor: Tendi Mahadi
Terbaru