kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cadangan Emas Rusia Terbesar di Dunia: Ditolak Internasional, Diborong Warga Domestik


Senin, 21 Maret 2022 / 11:02 WIB
Cadangan Emas Rusia Terbesar di Dunia: Ditolak Internasional, Diborong Warga Domestik

Sumber: Business Insider,Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Seperti harga minyak mentah, harga emas telah naik secara liar sejak Rusia memulai invasi ke Ukraina.

Melansir Business Insider, Rusia memiliki cadangan emas terbesar di dunia. Jumlahnya sekitar 2.300 ton, senilai hampir US$ 140 miliar.

Cadangan besar logam mulia dibangun selama satu setengah dekade terakhir, dan dimaksudkan untuk menjadi semacam polis asuransi ekonomi bagi negara itu.

Akan tetapi, seperti halnya minyak, sanksi membuat Rusia sangat sulit untuk benar-benar menyadari nilai kepemilikannya.

"Inilah mengapa mereka membeli emas mereka, untuk situasi seperti ini," dosen Fakultas Bisnis Universitas Cork Fergal O'Connor mengatakan kepada Bloomberg. "Tapi jika tidak ada yang mau menukarnya denganmu, itu tidak masalah."

Pekan lalu, pasar emas London - pusat terpenting di dunia untuk emas batangan - melarang semua transaksi batangan dari Rusia. Hal itu secara efektif menutupnya dari perdagangan global.

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini Tetap di Level Rp 984.000 Per Gram, Minggu (20/3)

Senat AS mengikuti langkah itu dengan merilis undang-undang baru yang akan melarang warga AS melakukan transaksi apa pun yang melibatkan emas Rusia.

"Pasokan emas besar-besaran Rusia adalah salah satu dari sedikit aset yang tersisa yang dapat digunakan Putin untuk menjaga ekonomi negaranya agar tidak jatuh lebih jauh," kata Senator Maine Angus King dalam sebuah pernyataan. 

Dia menambahkan, "Dengan menyetujui cadangan ini, kami selanjutnya akan mengisolasi Rusia dari ekonomi dunia dan meningkatkan kesulitan kampanye militer Putin yang semakin mahal."

Baca Juga: Harga Emas Antam Mulai Turun, Ini Pemicunya

Jika mata uang terus turun relatif terhadap dolar AS, ahli strategi Credit Suisse Zoltan Pozsar mengatakan kepada Bloomberg bahwa negara tersebut dapat menggunakan persediaan untuk secara efektif kembali ke standar emas, menggunakannya sebagai "jangkar" dengan menjualnya pada harga tetap dengan mata uang rubel.



TERBARU

×