kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buyung Poetra (HOKI) pastikan stok dan kapasitas produksi beras aman jelang Ramadan


Jumat, 12 Maret 2021 / 04:15 WIB
Buyung Poetra (HOKI) pastikan stok dan kapasitas produksi beras aman jelang Ramadan

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen beras, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) memprediksi permintaan beras di bulan Ramadhan tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Adapun manajemen HOKI memastikan stok beras dan kapasitas pabriknya yang saat ini mencapai 55 ton per-jam dapat memenuhi kebutuhan di kuartal II mendatang. 

Budiman Susilo, Direktur HOKI mengatakan menjelang bulan Ramadhan, stok beras dan kapasitas HOKI saat ini mencukupi untuk kebutuhan pelanggan saat Ramadhan dan Idul Fitri. Berkaca pada permintaan bulan Ramadhan tahun lalu yang stabil, HOKI melihat ada kemungkinan permintaan beras bertumbuh di Ramadhan tahun ini. 

Budiman menjelaskan lebih lanjut, kemungkinan permintaan yang naik di Ramadhan tahun ini karena pusat perbelanjaan sudah buka dan mulai ramai karena adanya optimisme dari program vaksinasi Covid-19. 

Baca Juga: Dapat pinjaman bank, Adi Sarana Armada (ASSA) bakal beli armada baru

Sedangkan, bulan puasa tahun lalu bertepatan dengan implementasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap satu sehingga kala itu pusat perbelanjaan dan modern trade sangat dibatasi. 

Sebenarnya, lanjut Budiman, penjualan beras selalu meningkat selama bulan puasa yang terjadi pada kuartal kedua. "Maka dari itu, diharapkan HOKI dapat terus memenuhi permintaan para konsumen dengan produk beras berkualitas yang dimiliki," kata Budiman kepada Kontan.co.id, Selasa (9/3). 

Adanya optimisme prospek bisnis yang lebih baik di tahun ini, HOKI menyiapkan rencana pengembangan bisnis di luar produk beras. Budiman mengatakan HOKI akan membuat produk baru melalui anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga untuk produk consumer goods pada tahun 2021. 

Ia berharap produk anyar yang akan segera dirilis ini dapat memberikan kontribusi yang positif untuk pendapatan HOKI ke depannya. "Oleh karena itu, HOKI optimis pada tahun ini akan mendapatkan kinerja yang baik seiring dengan pulihnya perekonomian dan kondisi pandemi Covid-19," kata Budiman. 

Baca Juga: PTPP akan merampungkan dua proyek bendungan senilai Rp 1,66 triliun

Tak hanya itu, HOKI juga akan menambah kapasitas pabrik  di wilayah Tugumulyo, Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan yang saat ini pembangunannya sudah mencapai sekitar 50%. Tujuannya adalah untuk menambah total kapasitas produksi keseluruhan pabrik perseroan, yaitu total kapasitas produksi menjadi 75 ton/jam pada tahun 2021 dan akan menjadi 95 ton/jam pada tahun 2022. Adapun ekspansi pabrik ini diprediksi akan selesai pada kuartal III 2021 mendatang. 

Melansir catatan Kontan.co.id sebelumnya,  HOKI menyiapkan anggaran belanja modal Rp 100 miliar yang berasal dari kas internal dan pinjaman bank. Capex akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan pabrik baru di Sumatra Selatan, penambahan mesin dryer dan pecah kulit, serta sebagai investasi untuk diversifikasi produk baru HOKI melalui anak usaha baru. 

Jika kondisi perekonomian terus membaik, HOKI membidik pertumbuhan penjualan tumbuh di kisaran 10%-15% yoy hingga tutup tahun 2021. 

Selanjutnya: Kinerja positif di tahun 2020, ini strategi Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) ke depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×