kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buntuti Bill Gates, kekayaan bos Oracle Larry Ellison melesat jadi Rp 1.947 triliun


Selasa, 14 Desember 2021 / 06:15 WIB
Buntuti Bill Gates, kekayaan bos Oracle Larry Ellison melesat jadi Rp 1.947 triliun

Sumber: CNBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Kekayaan Chairman Oracle Larry Ellison bertambah hampir US$ 16 miliar atau setara Rp 229,6 triliun (kurs Rp 14.350) pada penutupan hari Jumat pekan lalu.

Nilai kekayan Ellison melewati salah satu pendiri Google dan membuatnya mendekati Bill Gates dari Microsoft.

Kenaikan kekayaan itu terjadi karena saham Oracle melonjak 16% menyusul laporan pendapatan kuartalan yang lebih baik dari perkiraan Kamis malam.

Ellison, pemegang saham terbesar perusahaan dengan jumlah 1,14 miliar saham, sekarang bernilai US$ 135,7 miliara atau setara Rp 1.947 triliun, menurut Forbes.

Baca Juga: Kekayaan Elon Musk susut Rp 232 triliun dalam sehari, ini 10 daftar miliarder dunia

Reli saham Oracle menjadi terbesar kedua dalam 20 tahun terakhir, merupakan keuntungan besar bagi Ellison, yang ikut mendirikan perusahaan perangkat lunak tersebut pada tahun 1977. 

Dalam daftar miliarder Forbes, Ellison berada di urutan nomor lima terkaya dunia. Ellison berada tepat di depan Larry Page salah satu pendiri Google yang kini memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 126,3 miliar dan Sergey Brin dengan kekayaan US$ 121,7 miliar. 

Sementara BIll Gates, orang terkaya keempat di dunia, memiliki kekayaan US$ 139,2 miliar.

Kebangkitan Ellison agak mengejutkan mengingat perusahaan teknologi generasi berikutnya, seperti Google, Amazon dan Facebook, telah tumbuh jauh lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir sementara Oracle telah berjalan lamban bersama dengan sebagian besar pertumbuhan satu digit. 

Baca Juga: Inilah orang terkaya di dunia tahun 2021, Elon Musk peringkat 1, Jeff Bezos kedua

Tetapi Oracle menunjukkan tanda-tanda percepatan dan panduan terbaru perusahaan melampaui perkiraan, memberi investor kepercayaan yang tinggi bahwa peralihannya ke cloud berhasil.

Memiliki kekayaan pribadi yang melampaui pendiri Google kemungkinan akan menjadi pencapaian yang sangat manis bagi Ellison.

Pada bulan April, Mahkamah Agung memihak Google melawan Oracle dalam sengketa hak cipta yang berlangsung lama atas perangkat lunak yang digunakan dalam sistem operasi seluler Android. 



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

×