Global

Bumi berputar lebih cepat, siap-siap berkenalan dengan Detik Kabisat

Jumat, 11 Juni 2021 | 11:14 WIB Sumber: BBC
Bumi berputar lebih cepat, siap-siap berkenalan dengan Detik Kabisat

ILUSTRASI. Para ilmuwan menemukan, bumi bergerak lebih cepat daripada yang pernah terjadi dalam 50 tahun terakhir.


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Para ilmuwan menemukan, bumi bergerak lebih cepat daripada yang pernah terjadi dalam 50 tahun terakhir. Bahkan para ahli percaya, tahun 2021 akan menjadi tahun terpendek dalam beberapa dekade.

Tapi jangan terlalu bersemangat. Kita mungkin bahkan tidak akan melihat perbedaannya karena hanya akan lebih pendek dalam hitungan milidetik.

Melansir BBC pada Januari 2021 lalu, hal ini karena perputaran bumi pada porosnya lebih cepat daripada yang telah dilakukannya dalam beberapa dekade. Itu sebabnya, hari-harinya sedikit lebih pendek.

Hingga saat ini, belum jelas mengapa planet berputar lebih cepat. Akan tetapi, rotasi bumi dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk gerakan inti cairnya, lautan, dan atmosfernya.

Baca Juga: Gerhana matahari cincin 10 Juni, bisakah dilihat dari Indonesia?

Kemungkinan perputaran jam melewati satu detik

Satu hari adalah perkiraan waktu yang dibutuhkan bumi untuk melakukan satu putaran penuh.

Selama berabad-abad manusia telah membagi waktu itu menjadi jam, menit dan detik - dan telah menciptakan cara yang lebih akurat untuk mengukur waktu itu.

Namun, karena bumi saat ini berputar sedikit lebih cepat, rata-rata 24 jam sehari pada tahun 2021 diperkirakan menjadi 0,05 milidetik (satu milidetik adalah seperseribu detik), lebih pendek dari biasanya.

Baca Juga: Para ilmuwan terkejut menemukan Bumi berputar lebih cepat pada tahun 2020

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru