kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bulog: Impor daging kerbau dari India akan dilakukan secara bertahap


Kamis, 04 Februari 2021 / 12:50 WIB
Bulog: Impor daging kerbau dari India akan dilakukan secara bertahap

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna menjadi alternatif memenuhi kebutuhan daging masyarakat, Perum Bulog mendapat penugasan untuk mendatangkan 80.000 ton daging kerbau pada 2021 ini. Adapun daging kerbau akan didatangkan dari India.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso menuturkan, India dipilih lantaran sudah terjalin kerjasama dengan Indonesia sebelumnya. Selain itu daging kerbau dari sana juga telah mendapatkan sertifikat dan ketetapan halal.

"Daging dari India bukan berarti dari negara lain nggak bisa. Jadi karena yang sudah kerja sama dengan kita itu India, ada unsur sudah dapat lisensi dan brand halal itu, jadi India itu yang sudah kontrak sama kita," kata Budi Waseso saat diskusi daring Bulog pada Rabu (3/2).

Adapun impor nantinya akan dilakukan secara bertahap melihat dari kebutuhannya. Hal tersebut ditujukan untuk menjaga stabilitas daging lokal di pasar. Dimana Buwas tak ingin adanya daging kerbau impor malah membuat anjlok harga daging lokal di pasaran. Pemenuhan ketersediaan daging juga dilakukan dalam antisipasi pemenuhan permintaan daging pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Baca Juga: Perum Bulog optimistis mampu menyerap 1,45 juta ton beras pada 2021

"Sekarang pasarnya daging kerbau ini masyarakat ini sudah familiar, yang dulunya daging kerbau ini sulit dipasarkan dikonsumsi masyarakat karena masih belum terbiasa, sekarang pasarnya konsumsi masyarakat dengan daging kerbau sudah biasa sehingga ini bisa menekan dari harga daging sapi," kata Budi Waseso.

Adapun siapa yang akan menjadi supplier daging kerbau dari India, Bulog belum melakukan lelang. Saat ini administrasi lelang sedang diurus yang ditindaklanjuti dengan undangan terbuka kepada para calon supplier daging kerbau.

Selain adanya penugasan impor daging kerbau, Budi Waseso juga mengungkapkan ada penugasan juga impor 20.000 ton daging sapi dari Brazil. Hanya saja untuk penugasan impor daging sapi tersebut tidak diberikan kepada Bulog. "Daging sapi Brazil 20.000 ton bukan kepada Bulog. Kemaren ada 80.000 itu daging kerbau penugasan kepada Bulog, yang 20.000 daging sapi brazil ngga tahu siapa yang dapet," jelasnya.

Selanjutnya: Tahun ini, Bulog dapat jatah impor daging kerbau sebanyak 80.000 ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

×