kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan karena jantung, ini penyebab nyeri dada sebelah kiri


Rabu, 26 Mei 2021 / 19:50 WIB
Bukan karena jantung, ini penyebab nyeri dada sebelah kiri

Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak selamanya nyeri dada sebelah kiri disebabkan penyakit jantung. Ada banyak orang yang merasa panik saat muncul rasa sakit di bagian dada, salah satunya nyeri dada sebelah kiri. Meski bisa disebabkan oleh faktor kesehatan yang serius, tapi tidak menutup kemungkinan rasa nyeri itu muncul akibat masalah kesehatan yang bisa diatasi.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan nyeri dada. Selain itu, memerhatikan gejala dan durasi kemunculan gejala itu juga penting. Jika kondisi kesehatan Anda cukup terganggu, tidak ada salahnya untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Nantinya, dokter akan bertanya mengenai gejala apa saja yang Anda alamii. Beberapa pemeriksaan juga diperlukan supaya kondisi Anda bisa terdiagnosa dengan benar. Biasanya, beberapa pengobatan akan dilakukan setelah dokter mengetahui faktor apa yang menyebabkan kemunculan nyeri dada.

Gangguan Kecemasan

Buoy Health (buoyhealth.com) mengatakan bahwa gangguan kecemasan bisa jadi salah satu penyebab nyeri dada. Jika terus dibiarkan, gangguan kecemasan berpengaruh pada kesehatan jantung. Jadi, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: 3 Gejala sakit ginjal ini perlu benar-benar Anda waspadai

Bronkitis

Bronkitis jadi masalah kesehatan berikutnya yang menyebabkan nyeri dada. Bronkitis adalah kondisi di mana paru-paru mengalami masalah, baik karena infeksi virus ataupun infeksi bakteri. Biasanya, bronkitis ditandai dengan beberapa hal.

Mulai dari batuk kering, sesak napas, demam, dan kelelahan. Rasa nyeri di bagian dada akibat bronkitis memang tak terlalu sakit. Namun, kondisi itu bisa semakin parah seiring berjalannya waktu dan saat Anda batuk.

Asma

Mengutip dari Buoy Health, asma juga dapat menyebabkan dada terasa sakit. Selain nyeri, asma juga ditandai dengan ciri-ciri lain. Misalnya, sesak napas, mengi, batuk, dan lain sebagainya. Sampai saat ini belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan asma. Jadi, Anda perlu menghindari faktor pemicu asma, seperti alergen atau polusi.

Baca Juga: Asam lambung naik lagi? Ini minuman yang bisa membantu meredakan asam lambung tinggi

Pneumonia

Pneumonia jadi salah satu faktor penyebab nyeri dada sebelah kiri.

Nyeri dada sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh pneumonia, lo. Pneumonia adalah istilah yang merujuk pada infeksi paru-paru akibat bakteri, virus, dan jamur. Tak hanya menyebabkan nyeri dada, pneumonia juga mengakibatkan penderitanya demam, batuk berdahak, sesak napas, dan sakit kepala.

Penderita pneumonia sering mengeluarkan dahak berwarna kuning dan kondisinya semakin parah saat batuk. Apalagi jika sistem imun tubuh menurun karena usia atau masalah kesehatan yang lain.

Selanjutnya: Mengalami nyeri perut sebelah kiri? Ini 5 penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×