kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan hal misterius, ini penyebab dentuman di Malang Selasa (2/2) menurut BMKG


Jumat, 05 Februari 2021 / 15:10 WIB
Bukan hal misterius, ini penyebab dentuman di Malang Selasa (2/2) menurut BMKG

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Malang. Kehebohan sempat terjadi di Malang Selasa (2/2/2021) karena banyak warga mendengar suara dentuman yang keras. Masyarakat bertanya-tanya suara apa dentuman yang terdengar oleh banyak orang di Malang tersebut. Kini penyebab dentuman itu sudah diketahui.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa suara dentuman yang didengar warga Malam dari malam hingga pagi hari itu berasal dari petir. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, pihaknya sudah melacak data monitoring petir sejak Rabu (3/2/2021) ketika dentuman itu berlangsung.

Hasilnya, beberapa daerah di Jatim sedang terjadi hujan dan petir. Hal itu yang membuat Daryono yakin bahwa dentuman itu bersumber dari petir. "BMKG sudah melacak data monitoring petir. Di beberapa daerah di Jatim sejak jam 00.00 WIB (Rabu) sudah terjadi hujan dan petir. Dentuman tersebut merupakan fenomena alam yang bisa dijelaskan," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (4/2/2021).

"Memang ada beberapa daerah di Jatim yang dilanda hujan disertai petir pada Rabu dini hari. Hal itu menyebabkan dentuman di beberapa daerah," katanya menambahkan.

Baca juga: Sumber dentuman misterius di Jakarta akhirnya terjawab, ternyata bukan suara petir

Daryono menyebutkan, pada Rabu dini hari terpantau banyak aktivitas petir di langit Malang dan sekitarnya. Misalnya petir di Bangil (Kabupaten Pasuruan), Mojokerto, di Lawang sebelah utara (Kabupaten Malang), dan di Kota Malang.

Dia meminta agar masyarakat tidak perlu panik atau bahkan mengaitkan dentuman tersebut dengan hal supranatural. Dentuman yang terdengar oleh warga Malang itu bagian dari peristiwa alam yang wajar terjadi

Sementara itu, Kasi Informasi Stasiun Klimatologi Karangploso, Kabupaten Malang, Anung Suprayitno mengatakan, pendeteksi petir di daerahnya tidak mendeteksi aktivitas petir selama dentuman berlangsung. "Kalau dari kami, dari luaran output LD (lightning) tidak menyatakan begitu. Hanya dentuman bisa bersumber dari apa saja, salah satu bisa saja petir. Tapi, mungkin tidak untuk kasus dentuman yang di Malang," katanya.

Sebelumnya diberitakan, suara dentuman terdengar berkali-kali dengan tempo yang hampir sama di Malang. Suara itu terdengar sejak Selasa (2/2/2021) malam hingga Rabu (3/2/2021). Sejumlah warga mengaku bahwa dentuman itu membuat kaca rumah mereka bergetar. (Kontributor Malang, Andi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Misteri Suara Dentuman di Malang yang Akhirnya Terpecahkan...",

Editor : David Oliver Purba

Selanjutnya: Dentuman di Bali diduga berasal dari meteor yang jatuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×