BPKM: Tren realisasi investasi perusahaan asal Thailand di Indonesia fluktuatif

Kamis, 05 Agustus 2021 | 07:10 WIB   Reporter: Amalia Nur Fitri
BPKM: Tren realisasi investasi perusahaan asal Thailand di Indonesia fluktuatif

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan jika tren investasi perusahaan asal Thailand ke Indonesia fluktuatif dari tahun ke tahun.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi BKPM Imam Soejoedi menuturkan pada tahun 2020 saja, total realisasi investasi Thailand ke Indonesia adalah sebesar Rp1,61 triliun.

Adapun tren tertinggi dari realisasi investasi mereka ke Indonesia terjadi pada 2019, dimana pihaknya mampu mencapai angka Rp5,14 triliun. "Tren investasi perusahaan Thailand ke Indonesia berfluktuasi. Namun yang tertinggi, tercatat terjadi pada tahun 2019 sebesar Rp5,14 triliun," jelas Imam kepada Kontan, Rabu (4/8).

Baca Juga: RI posisi kedua negara terbaik untuk investasi versi USNews, ini kata BKPM

Lebih lanjut, pada tahun 2021 ini atau hingga paruh pertama 2021, realisasi investasi perusahaan asal Thailand ke Indonesia mencapai Rp1,32 triliun. Imam menambahkan, sejak 2015 hingga paruh pertama 2021 total investasi perusahaan asal Thailand di Indonesia adalah sebesar Rp22,29 triliun.

Sementara itu, sektor penyumbang investasi terbesar selama lima tahun terakhir berasal industri kimia dan farmasi dengan total nilai investasi sebesar Rp10,93 triliun. Posisi kedua ditempati oleh industri non logam sebesar Rp2,23 triliun dan industri karet & plastik sebesar Rp2,08 triliun.

Selanjutnya: Investasi lebih besar di sektor manufaktur, syarat Indonesia jadi negara maju

 

Editor: Handoyo .
Terbaru