kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPH Migas Memproyeksikan Permintaan Sejumlah Bahan Bakar Meningkat Saat Nataru


Selasa, 20 Desember 2022 / 08:15 WIB
BPH Migas Memproyeksikan Permintaan Sejumlah Bahan Bakar Meningkat Saat Nataru

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memproyeksikan permintaan sejumlah bahan bakar meningkat saat momentum Hari Raya Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023. Salah satu yang naik paling signifikan ialah permintaan harian avtur hingga 50%. 

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati menjelaskan, diprediksi akan terjadi peningkatan permintaan harian BBM selama Nataru. 

“Peningkatan demand harian Gasoline kurang lebih 5%, Kerosene kurang lebih 4 % dan untuk Avtur kurang lebih 50% sementara Gasoil diperkirakan turun sekitar 3%,” jelasnya di Gedung BPH Migas, Senin (19/12).

Baca Juga: Jaga Pasokan Energi Selama Nataru, BPH Migas Jalankan Posko Nasional ESDM

Erika menegaskan, secara umum kondisi ketahanan stok BBM Aman, baik Gasoline, Gasoil, Kerosene maupun Avtur, dengan Ketahanan Stok di atas 17 Hari. 

Selain itu, kondisi stok LPG Nasional dijaga dalam kondisi aman dengan coverage days berkisar 15 hari sampai 17 hari. Ketersediaan LPG dijaga dengan penambahan pasokan LPG, baik fakultatif maupun extra dropping (apabila diperlukan). Rata-rata alokasi harian Agen/Penyalur LPG Tabung 3 Kg untuk bulan Desember 2022 lebih tinggi 8,97% dari bulan November 2022.

Kegiatan Niaga, Pengangkutan, Penyimpanan dan Penyaluran Gas melalui Pipa maupun melalui SPBG beroperasi Aman dan Normal serta Berfungsi Baik. 

Baca Juga: Pertamina Berikan Gambaran Mekanisme Penjualan LPG 3 Kg Tepat Sasaran

Subholding gas siap untuk menjaga kehandalan penyaluran gas ke rumah tangga (jargas) sebanyak 748.935 SR, 4.295 pelanggan komersial Industri, menyalurkan BBG melalui 11 SPBG dan 3 MRU, serta mendukung PLN Group dalam menyalurkan energi listrik berbahan bakar Gas dengan aman dan handal.

Kondisi pasokan tenaga listrik saat Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pada umumnya berada pada kondisi Aman dan cadangan terpenuhi serta tidak melakukan pekerjaan/pemeliharaan yang dapat mengganggu pasokan listrik selama periode siaga Nataru kecuali pekerjaan perbaikan yang disebabkan gangguan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

×