Borong 148 tank Challenger 3, militer Inggris rogoh kocek £ 800 juta

Senin, 10 Mei 2021 | 19:15 WIB Sumber: Sputnik News
Borong 148 tank Challenger 3, militer Inggris rogoh kocek £ 800 juta


KONTAN.CO.ID - LONDON. Demi memborong tank Challenger 3, Kementerian Pertahanan Inggris mengucurkan dana sebesar £ 800 juta kepada perusahaan patungan Inggris-Jerman Rheinmetall BAE Systems Land.

Dilansir dari Sputnik News, perusahaan kendaraan militer tersebut mendapat kontrak untuk memasok Angkatan Darat Inggris dengan 148 tank Challenger 3 yang telah mengalami peningkatan.

Ratusan tank tersebut akan diproduksi di pabrik Rheinmetall BAE di Telford, Shropshire. Semua tank pada dasarnya adalah Challenger 2 yang sudah ada dan menerima pembaruan di beberapa aspek.

Baca Juga: Jet tempur multiperan MiG-35 Rusia telah sampai uji coba tahap akhir

Melalui tinjauan pertahanan, keamanan, dan kebijakan luar negeri terintegrasi Inggris yang baru-baru ini dirilis, Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi pengurangan 35% dalam armada tank utamanya.

Saat ini ,Angkatan Darat Inggris memiliki 227 tank Challenger 2. Dengan kontrak terbaru, 148 di antaranya akan ditingkatkan ke versi standar Challenger 3.

Kemampuan tank Challenger 3

Soal spesifikasi, tank Challenger 3 akan menggunakan sasis yang sudah ada. Tetapi rencananya, tank baru akan dilengkapi dengan turret digital baru, teropong pemantau yang lebih baik, perlindungan yang ditingkatkan, serta penggunaan meriam smoothbore, bukan senapan riffle.

Baca Juga: Memanas, kelompok serang kapal induk Inggris siap menuju Jepang dan Korea

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru