Boeing rekomendasikan penghentian sementara pengoperasian pesawat 777, di Indonesia?

Senin, 22 Februari 2021 | 22:05 WIB Sumber: Reuters
Boeing rekomendasikan penghentian sementara pengoperasian pesawat 777, di Indonesia?

KONTAN.CO.ID - Boeing Co merekomendasikan penangguhan penggunaan Boeing 777 dengan jenis mesin yang sama dari pesawat United Airlines, yang terbakar di atas Denver pada akhir pekan lalu.

Langkah Boeing itu setelah regulator Amerika Serikat (AS) mengumumkan inspeksi tambahan dan Jepang menangguhkan penggunaan Boeing 777 sambil mempertimbangkan tindakan lebih lanjut.

Pesawat Boeing 777 United Airlines mendarat dengan selamat di Denver pada Sabtu (20/2) waktu setempat, setelah mesin Pratt & Whitney PW4000 sebelah kanan rusak.

United Airlines mengatakan pada hari berikutnya, mereka secara sukarela dan sementara menghentikan pengoperasian 24 pesawat Boeing 777, beberapa jam sebelum pengumuman Boeing.

Baca Juga: FAA memerintahkan penyelidikan Boeing 777 setelah kegagalan mesin United Airlines

Mengutip Reuters, Boeing menyatakan, saat ini ada 69 Boeing 777 sedang dalam pelayanan. Mereka merekomendasikan maskapai untuk menangguhkan operasi pesawat ity sampai regulator AS mengidentifikasi protokol inspeksi yang sesuai.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) mengatakan, pemeriksaan awal terhadap Boeing 777 United Airlines menunjukkan sebagian besar kerusakan hanya terjadi pada mesin kanan, dengan hanya kerusakan kecil pada pesawat.

Garuda operasikan 10 Boeing 777

Kementerian Transportasi Jepang memerintahkan Japan Airlines Co Ltd (JAL) dan ANA Holdings Inc untuk menangguhkan penggunaan Boeing 777 dengan mesin PW4000, sambil mempertimbangkan apakah akan mengambil tindakan tambahan.

Menurut Kementerian Transportasi Jepang, pada 4 Desember 2020, penerbangan JAL dengan Boeing 777 dari Bandara Naha ke Tokyo terpaksa kembali ke Naha karena kerusakan pada mesin kiri.

Baca Juga: Penjualan pesawat Boeing dan Airbus menukik selama pandemi corona

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru