kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blue Bird (BIRD) Masuki Bisnis Jual Beli Mobil Bekas


Kamis, 31 Agustus 2023 / 04:30 WIB
Blue Bird (BIRD) Masuki Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Blue Bird Tbk (BIRD) atau Bluebird merambah lini bisnis baru dengan meluncurkan BirdMobil. Unit bisnis baru Bluebird ini berfokus menawarkan layanan jual-beli mobil bekas.  

Direktur Utama Bluebird Adrianto Djokosoetono menyatakan bahwa lahirnya BirdMobil merupakan upaya perseroan untuk semakin menambah dan menguatkan portofolio Bluebird sebagai perusahaan penyedia solusi mobilitas di Indonesia. 

”Strategi Bluebird bahwa layanan mobilitas itu suatu ekosistem, jadi kalau selama ini Bluebird sudah fokus di pelayanan berbagai penumpang dan barang, kini kami melengkapi ekosistem itu dengan kebutuhan mobiltas masyarakat,” ungkap Adrianto atau yang akrab disapa Andre, dalam peluncuran BirdMobil dan Dealer BirdMobil, di Tangerang Selatan pada Rabu (30/8). 

Unit bisnis anyar dari Bluebird Group ini menawarkan one stop solution melalui layanan platform jual beli mobil bekas, servis, hingga inspeksi mobil. 

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) Bidik Pertumbuhan Pendapatan 10%-15% Tahun Ini

Jenis mobil yang ditawarkan pun beragam, tak hanya eks taksi saja. BirdMobil menawarkan unit eks taksi dan juga model mobil bekas lainnya, baik bekas kepemilikan individu maupun fleet.

Bersamaan dengan peluncuran BirdMobil, Bluebird juga melakukan pembukaan dealer BirdMobil perdananya yang berada di kawasan Cilenggang, Serpong. Dealer ini terintegrasi dengan pool Blue Bird BSD.

Manajemen Bluebird belum bisa menyampaikan berapa target penjualan mobil bekas maupun kontribusinya terhadap total pendapatan konsolidasi di tahun ini. Sebab, lini bisnis anyar ini baru saja bergulir sehingga porsinya belum terlalu besar. 

Meski begitu, pihaknya optimistis BirdMobil ini bisa menjadi revenue stream dominan bagi perseroan di masa yang akan datang. Hal ini mengingat prospek penjualan mobil bekas di Indonesia yang cukup menjanjikan. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Pusaka Mitra Mobilindo (BirdMobil) Hery Sugiarto memaparkan, minat konsumen terhadap mobil bekas cukup tinggi. Dibuktikan dengan beberapa studi bahwa transaksi mobil bekas di Indonesia sekitar 2.5-5 kali dari mobil baru. 

Baca Juga: Sumber Alfaria (AMRT) Menyerap Capex Rp 1,8 Triliun pada Semester I-2023

Atas dasar potensi tersebut, BIRD pun melakukan inovasi dengan melahirkan divisi bisnis ini.

“BirdMobil lahir dari Bluebird Group yang sudah berusia 51 tahun. Dan sudah teruji dalam keamanan kenyamanan efisiensi dan reability. Kami ingin menjadi solusi satu pintu terpercaya nyaman dan transparan untuk kepemilikan mobil,” sebutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×