BLT UMKM 2022 Rp 1,2 Juta Akan Digelontorkan, Cek Penerimanya di eform.bri.co.id/bpum

Senin, 19 September 2022 | 11:28 WIB Sumber: Kompas.com
BLT UMKM 2022 Rp 1,2 Juta Akan Digelontorkan, Cek Penerimanya di eform.bri.co.id/bpum

ILUSTRASI. Dalam waktu dekat, Kemenkop UKM berencana kembali menyalurkan BLT UMKM tahun 2022. KONTAN/Baihaki


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Ada kabar baik bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam waktu dekat, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berencana kembali menyalurkan bantuan langsung tunai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (BLT UMKM) tahun 2022. 

Melansir Kompas.com, bantuan diberikan kepada UMKM yang terimbas dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 3 September lalu. 

Pada pemberitaan sebelumnya dilaporkan, besaran dana BLT UMKM diberikan sama dengan besaran program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), yakni senilai Rp 1,2 juta. 
“Besarannya (BLT UMKM) sama kayak BPUM,” ujar Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki di Jakarta, Senin (12/9/2022). 

Namun, hingga saat ini, mekanisme pencairan dan target sasaran UMKM untuk menerima BLT UMKM atau BPUM tahun 2022 masih dalam tahap pembahasan dan pematangan. 

Cara Cek penerima BLT UMKM atau BPUM 2022 

Seperti diketahui, tahun lalu pemerintah juga mencairkan dana bantuan BPUM sebesar Rp 1,2 juta bagi para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19. 

Adapun penerima BPUM tahun 2021 dapat mencairkan dana sebesar Rp 1,2 juta melalui Bank BRI, dan daftar penerima BLT UMKM 2021 juga dapat dicek melalui laman resmi eform.bri.co.id

Baca Juga: Setelah Pekerja, BLT BBM BPUM Juga Akan Diberikan Ke UMKM, Ini Bocorannya

Lebih lanjut, cara pengecekan penerima BPUM tahun 2021 secara online melalui laman e-form BRI, sebagai berikut: 

  • Akses laman https://eform.bri.co.id/bpum
  • Masukkan NIK dan kode verifikasi yang mucnul pada layar
  • Klik “Proses Inquiry”, dan aan muncul pemberitahuan terdaftar tidaknya sebagai penerima BPUM.
  • Apabila data yang dimasukkan tercatat sebagai penerima BPUM atau BLT UMKM, maka yang bersangkutan dapat menghubungi kantor cabang BRI terdekat untuk melengkapi dokumen pencairan dengan membawa e-KTP asli.

Sebagai informasi, laman e-form BRI untuk cek penerima BPUM tahun 2022 belum bisa diakses. Tertulis bahwa bank pelat merah ini juga masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah, dengan keterangan sebagai berikut:

Baca Juga: BSU Disalurkan Langsung ke Rekening Penerima, Menaker Yakin Tak akan Bocor

"Yth. Nasabah BRI.

Terima kasih atas kepercayaannya kepada BRI. Dengan ini diberitahukan bahwa saat ini belum terdapat informasi lebih lanjut dari Pemerintah terkait pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2022 melalui BRI, sehingga nasabah belum dapat melakukan reservasi pencairan bantuan di kantor BRI terdekat.

BRI senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik bagi seluruh nasabah. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Contact BRI 14017 atau WA 0812 12 14017. Terima kasih."

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cek Penerima BLT UMKM 2022 secara Online via eform.bri.co.id/bpum"
Penulis : Mela Arnani
Editor : Mela Arnani

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru