kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biden Sebut AS Siap Gunakan Kekuatan Membela Taiwan Jika Diserang China


Selasa, 24 Mei 2022 / 05:10 WIB
Biden Sebut AS Siap Gunakan Kekuatan Membela Taiwan Jika Diserang China

Sumber: ABC News | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  TOKYO. Presiden Joe Biden mengatakan Amerika Serikat (AS) akan melakukan intervensi militer jika China ingin menyerang Taiwan, dalam salah satu pernyataan paling kuat dan terbuka untuk mendukung Taiwan dalam beberapa dekade.

Biden mengatakan hal itu pada hari Senin (23/5) selama kunjungan pertamanya ke Jepang. Biden mengatakan beban untuk melindungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu bahkan lebih kuat setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Ketika ditanya oleh seorang reporter di Tokyo apakah Amerika Serikat akan membela Taiwan jika diserang oleh China, Presiden menjawab: "Ya."

"Itu komitmen yang kami buat," katanya.

Baca Juga: Joe Biden Luncurkan Rencana Keterlibatan AS di Indo-Pasifik Melalui Kesepakatan IPEF

Biden mengatakan AS setuju dengan kebijakan satu China. Bahkan AS telah menandatanganinya dan semua perjanjian yang dimaksudkan dibuat dari sana. "Tetapi gagasan bahwa, Taiwan dapat diambil dengan paksa, tidak tepat," terang Biden.

Biden menambahkan bahwa komitmen AS itu adalah harapannya bahwa peristiwa mengambil alih Taiwan dengan paksa tidak akan terjadi atau dicoba.

Biden melanjutkan, upaya mengambil alih Taiwan dengan paksa akan menghancurkan seluruh wilayah dan menjadi tindakan lain yang serupa dengan apa yang terjadi di Ukraina.

Komentar Biden tampaknya menyimpang dari kebijakan AS yang ada yang disebut ambiguitas strategis di Taiwan.

Namun, seorang pejabat Gedung Putih dengan cepat mengatakan setelah Biden membuat pernyataan bahwa tidak ada perubahan dalam kebijakan AS terhadap Taiwan.

"Seperti yang dikatakan Presiden, kebijakan kami tidak berubah," kata pejabat Gedung Putih, yang menolak disebutkan namanya.

Baca Juga: Baru Dilantik, PM Australia Albanese Melihat Hubungan dengan China akan Sulit

Pejabat itu mengatakan, Biden hanya mengulangi Kebijakan Satu China AS dan komitmen AS untuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Gedung Putih mengatakan Biden juga menegaskan kembali komitmen AS di bawah Undang-Undang Hubungan Taiwan untuk memberi Taiwan sarana militer untuk mempertahankan diri.

Di bawah kebijakan Satu China, AS mengakui Beijing sebagai pemerintah China dan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan.



TERBARU

×