BI: UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia

Rabu, 03 Maret 2021 | 18:35 WIB   Reporter: Bidara Pink
BI: UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi Indonesia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengajak para pejabat dan masyarakat untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dengan berbelanja produk yang ditawarkan oleh UMKM Indonesia. 

Perry mengatakan, ini merupakan salah satu wujud komitmen bank sentral dalam mendukung UMKM. Apalagi, UMKM ini merupakan salah satu pendukung perekonomian Indonesia. “UMKM salah satu pilar ekonomi Indonesia. Harus terus diangkat. Ayo belanja, belanja, belanja, belanja!” ujar Perry, Rabu (3/3) dalam web seminar Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Sesi I. 

Perry mengungkapkan saat ini masyarakat akan semakin mudah untuk berbelanja produk UMKM dan tak perlu khawatir kekurangan akses. Pasalnya, sekarang sudah ada e-catalogue yang mempermudah masyarakat untuk mengunjungi UMKM di daerah manapun secara virtual. 

Baca Juga: Kemkop UKM: Penyerapan PEN ke pengusaha mikro sudah hampir 100 persen

Dalam hal pembayaran pun, masyarakat tak perlu khawatir akan kesusahan. Pasalnya, BI juga telah menggencarkan penggunaan QR CODE Indonesian Standard (QRIS) sebagai media pembayaran. Lebih lanjut, Perry akhirnya memborong kerajinan mutiara NTB yang disediakan oleh salah satu UMKM di Lombok. 

Selain Perry, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga memborong kain songket unggulan Lombok. Tak ketinggalan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga membeli kain songket. 

Selanjutnya: Gandeng platform digital, penyaluran KUR bisa lebih cepat dan berkualitas

 

Editor: Handoyo .
Terbaru