BI: Internasional Menyakini Stabilitas Ekonomi Jangka Menengah Indonesia

Rabu, 29 Juni 2022 | 06:40 WIB   Reporter: Bidara Pink
BI: Internasional Menyakini Stabilitas Ekonomi Jangka Menengah Indonesia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch kembali mempertahankan peringkat utang Indonesia pada BBB atau layak investasi (investment grade) dengan outlook stabil pada Selasa (28/6) waktu setempat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyambut positif langkah lembaga tersebut. Perry menilai, afirmasi peringkat Indonesia ini menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia masih meyakinkan dan bahkan memiliki masa depan yang cerah, di tengah ketidakpastian global.

Ketidakpastian global yang saat ini nyata terlihat adalah peningkatan risiko stagflasi seiring kenaikan suku bunga kebijakan scara global di saat ekonomi baru pulih, serta makin meluasnya kebijakan proteksionisme yang ditempuh oleh berbagai negara.

Baca Juga: Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di BBB dan Outlook Stabil

“Di tengah ketidakpastian ini, pemangku kepentingan internasional tetap memiliki keyakinan yang kuat atas terjaganya stabilitas ekonomi makro dan prospek ekonomi jangka menengah Indonesia,” tulis Perry dalam keterangannya, Selasa (28/6).

Perry berbangga dan meyakini bahwa optimisme lembaga internasional tersebut didukung oleh kredibilitas kebijakan yang tinggi dan sinergi bauran kebijakan yang kuat antara BI dan pemerintah.

Ke depan, Perry akan mencermati perkembangan ekonomi dan keuangan global dan domestik. Ia juga akan merumuskan dan melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terjaganya stabilitas ekonomi makro dan stabilitas keuangan.

“Dalam hal ini, termasuk penyesuaian lebih lanjut stance kebijakan, serta terus memperkuat sinergi dengan pemerintah untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional,” tandas Perry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru